3 Motif Batik Gunung Kidul Dipatenkan

0 288

3 Motif Batik Gunung Kidul Dipatenkan

Kabupaten Gunung Kidul memiliki 3 motif batik yang sudah dipatenkan. Ketiga motif tersebut antara lain Batik Motif Sekar Jagad, Walang Kencono Jati, dan Walang Sinanding Jati. Tujuan dipatenkannya Batik ini untuk melindungi produk asli dari Kabupaten Gunung Kidul. Bupati Gunung Kidul Badingah mengaku banyak produk Gunungkidul yang memerlukan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Namun, saat ini baru tiga produk yang mendapatkan haknya tersebut.

“Ini baru langkah awal, karena produk yang lain akan menyusul. Kami bersyukur, dari tiga produk yang diajukan semuanya lulus dan mendapatkan hak paten itu,”kata Badingah. Dia menjelaskan pemberian hak paten merupakan hal yang penting untuk melindungi dari upaya pembajakan atau klaim dari pihak lain.

Motif-motif tersebut dapat dikembangkan di seluruh kecamatan, dan tidak hanya tersentra di satu kecamatan saja. Badingah menegaskan produk-produk tersebut juga sudah menjadi ciri khas dari Kabupaten Gunung Kidul. Sebab, motif itu sudah dijadikan seragam sekolah dan PNS di Bumi Handayani. Sementara itu, Kepala Kemenkumham DIY Endang Sudirman seusai menyerahkan sertifikasi hak paten mengatakan, banyak keuntungan yang diperoleh dengan mendapatkan sertifikasi

HAKI. Yakni, adanya perlindungan hukum bagi pencipta atau penemu. Jadi, saat ada upaya penjiplakan dari pihak tertentu bisa diambil tindakan hukum. “Paling penting hak tersebut memberikan status hukum terhadap karya yang dihasilkan,” kata Endang, kemarin.

Source 3 Motif Batik Gunung Kidul Dipatenkan Batik
Comments
Loading...