3 Cara Mudah Membedakan Batik Asli Dengan Batik Printing

0 95

3 Cara Mudah Membedakan Batik Asli Dengan Batik Printing

Ingin membeli batik untuk diri sendiri atau oleh-oleh? Jangan sampai salah pilih antara kain batik dengan kain motif batik. Kain batik menurut definisi adalah karya seni rupa pada kain dengan pewarnaan rintang yang menggunakan lilin batik sebagai perintang warna (wax resist technique) jadi yang masuk jenis batik adalah batik tulis dan batik cap, sedangkan yang menggunakan teknik sablon dan printing tidak masuk kategori batik.

Batik tulis karena proses pembuatan yang lama dan dibuat dengan cara manual dan telaten tentu saja harganya jauh lebih mahal dibanding batik cap apalagi batik printing. Untuk dapat membedakan antara batik dengan kain motif batik sebenarnya cukup mudah. Berikut ini tiga langkah membedakan batik tulis dengan batik printing.

Batik asli motif tidak simetris, batik printing simetris

Dalam pembuatan batik printing menggunakan mesin sehingga motif yang dihasilkan lebih simetris sedangkan batik tulis diproduksi dengan tangan sehingga motif tidak terlalu simetris dibandingkan batik printing.

Harga batik tulis lebih mahal dibanding printing

Istilah “harga tidak pernah bohong” sangat tepat untuk diterapkan dalam membeli batik. Batik yang prosesnya secara tradisional tentu saja harganya akan lebih mahal dibanding yang printing. Sebagai gambaran batik cap dijual diatas Rp.120.000 dan batik tulis bisa lebih dari Rp.300.000 sampai jutaan. Berbeda jauh dengan batik printing yang dijual hanya sekitar Rp.50.000 an saja.

Batik Printing dijual Gulungan, Batik asli dijual per lembar

Kain motif batik biasanya dipasaran dikemas dalam bentuk roll /gulungan sedangkan batik asli dijual dalam lembaran antara 2 meter sampai 3 meter.

Source http://bahankain.com http://bahankain.com/2018/10/24/5-cara-mudah-membedakan-batik-asli-dengan-batik-printing/
Comments
Loading...