Daerah Penghasil Batik Di Tulungagung Provinsi Jawa Timur

0 1.205

Awal mula sejarah Batik di Tulungagung mulai di kenal masyarakat ketika masa kerajaan Majapahit. Di masa itu batik banyak di bawa oleh saudagar maupun pejabat kerajaan yang berasal dari majapahit.  Lambat laun gaya berpakaian orang majapahit banyak di tiru oleh masyarakat Tulungagung.  Hingga akhirnya mayoritas masyarakat Tulungagung tertarik memakai batik dalam acara – acara penting seperti upacara adat ataupun upacara keagamaan. Namun sekarang ini pemerintah kabupaten Tulungagung memakai batik khas Tulungagung sebagai pakaian dinas. Dan untuk lebih mengenalkan batik kepada generasi muda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga mengeluarkan sebuah peraturan bagi setiap Sekolah untuk menyertakan pakaian batik dalam pakaian wajib sekolah.  Serta bapak bupati saat itu juga menyelenggarakan lomba baju khas seragam batik untuk semua sekolah yang ada di tulungagung.

Banyaknya permintaan akan pakaian batik membuat banyak industri batik rumahan di Tulungagung bisa hidup kembali, setelah sekian lama mati suri. Produk produk pakaian batik banyak di jumpai di pasar pasar tradisional ataupun toko baju modern di Tulungagung.  Dan harganya juga bervariasi, tergantung kemampuan isi dompet masing masing masyarakat. Beberapa wilayah di kabupaten Tulungagung secara turun temurun menjadi sebuah wilayah yang terkenal sebagai Sentra Kerajinan Batik Tulungagung. Di antaranya adalah desa Sembung, Majan, Bangoan dan Mojosari. Di wilayah tersebut terdapat beberapa pengrajin batik yang secara tradisional menekuni usaha pembuatan batik. Berdasarkan wilayah pembuatan batik di Kabupaten Tulungagung dibagi menjadi tiga, yaitu ciri khas batik bangonan, ciri khas majangan, dan ciri khas batik kalangbret.

Sehingga setiap tanggal 02 Februari di peringati sebagai Hari Batik Nasional. Batik menjadi sebuah identitas sebuah busana milik bangsa Indonesia yang sudah di akui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

 

Source Daerah Penghasil Batik Di Tulungagung Provinsi Jawa Timur Seputar Tulungagung
Comments
Loading...