Motif Batik Sidomukti Khas Kota Surakarta (Solo) Jawa Tengah

0 2.175

Motif Batik Sidomukti Khas Solo

Surakarta atau lebih dikenal dengan Kota Solo memiliki beragam jenis kain batik yang terkenal di Indonesia. Batik Solo terkenal dengan corak dan pola tradisionalnya baik yang berupa proses cap maupun batik tulisnya. Motif batik yang paling terkenal yaitu motif sidomukti yang dominan memiliki warna cokelat.

Kain batik banyak digunakan untuk pakaian sehari – hari atau untuk acara – acara yang formal, seperti acara pernikahan atau pakaian kerja. Selain untuk pakaian kain batik juga dijadikan oleh – oleh untuk teman atau kerabat terdekat. Untuk kamu yang mau berlibur ke Solo jangan lupa membeli batik khas solo yaitu batik sidomukti. Didalam motif batik sidomukti memiliki makna filosofi terhadap pengaruh budaya. Makna tersebut menunjukkan pemahaman terhadap unsur budaya lokal . Adapun nilai – nilai yang terkandung didalam motif batik sidomukti antara lain:

  1. Motif bergambar kupu – kupu

Kupu – kupu sebagai simbol harapan yang indah dan tinggi. Kupu – kupu adalah binatang yang cantik bentuknya dan berwarna indah, dan dapat terbang tinggi sebagai simbol pengharapan yang tinggi.

  1. Motif bergambar sayap kupu – kupu

Kupu – kupu seperti halnya burung yang dapat terbang tinggi dan mewakili dunia atas angin. Angin merupakan simbol sifat adil dan berperikemanusiaan yang mewakili warna putih. Warna putih dapat diartikan sebagai warna yang bersih atau suci.

  1. Motif berupa bangunan tahta atau singgasana

Tahta atau singgasana menggambarkan kedudukan dan tahta yang tinggi. Singgasana sebagai simbol pengharapan akan kedudukan dan derajat yang tinggi, mulia dan dihormati banyak orang seperti halnya seorang pemimpin.

  1. Motif berbentuk meru

Meru atau gunung, tanah juga bumi. Gunung melambangkan kemegahan, keagungan seperti sebuah gunung yangf besar dan terlihat gagah meskipun tampak dari kejauhan. Pada kerajaan Hindu Jawa, meru disimbolkan sebagai puncak gunung yang tinggi untuk tempat bersemayam para dewa – dewi.

  1. Motif bunga

Bunga sebagai simbol keindahan dan kecantikan. Bentuk bunga hampir setiap unsur dalam upacara adat mempunyai makna yang baik, hal ini dikarenakan bunga memiliki arti sesuatu yang indah yang tumbuh di tanah atau sebagai pijakan sehingga dapat diartikan sebagai pondasi yang kuat dalam pegangan hidup.

 

Source Motif Batik Sidomukti Khas Kota Surakarta (Solo) Jawa Tengah Batik Tulis With The Highest Quality
Comments
Loading...