Motif Batik Sekar Jagad Berasal Dari Yogyakarta

0 2.833

Batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu “amba” yang berarti “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik”, sehingga apabila digabungkan kurang lebih bermakna “menulis titik-titik.” Pada sehelai kain batik dapat ditemukan makna tentang hubungan serasi dan harmonis antara manusia dengan Sang Pencipta, manusia dengan alam, dan juga dengan sesamanya.

Tidak hanya itu, motif pada batik juga menyimpan pesan kearifan lokal suatu masyarakat tertentu. Sehingga batik ini harus selalu dijaga,dilestarikan dan di turunkan ke generasi penerus agar selalu di kenal, bahwa kain batik ini adalah kekayaaan yang sangat bagus dan patut untuk di gunakan dan di lestarikan.

Motif  Batik Sekar Jagad adalah salah satu motif yang sangat khas di Indonesia. Batik jenis ini berasal dari Jawa, lebih tepatnya Yogyakarta dan Solo. Kata Sekar Jagad  itu sendiri diambil dari perpaduan antara  dua bahasa yang dimana “Kaart” dalam Bahasa Belanda berarti “peta” dan “Jagad” dalam Bahasa Jawa berarti “dunia”, sehingga motif ini juga melambangkan keragaman baik yang terdapat di Indonesia maupun di seluruh dunia. Sehingga makna yang dihasilkan dari batik yang satu ini sangat luas dan menyeluruh dari semua aspek kehidupan .

Batik sekar jagad  menggambarkan suatu bentuk kebaikan dan biasanya dipakai oleh orang ahli, dukun di istana, orang pintar, dan keraton. Motif ini juga mengandung makna dan arti yaitu kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona dan menyukai batik Sekar Jagad yang satu ini

Ada pula yang mengartikan ataupun yang melatar belakangi kain berwarna putih melambangkan hamparan peta dunia. Karena motif batik yang tertuang seperti membentuk peta yang di sebabkan adanya bercak di kain yang berwarna putih tersebut. Di Yogyakarta  sudah banyak yang menjual batik yang satu ini sehingga tidak heran bila para warga dan masyarakat yang tinggal di daerah ini sangat mengenal batik Sekar Jagad ini. Bila wisatawan ingin membeli kain batik yang satu ini bisa datang ke tempat pusat grosil ,di tempat tersebut menyediakan kain batik yang dengan harga terjangkau dan sangat diminati para pembeli ataupun bisa membeli via online untuk mendapatkan batik yang sangat indah dan melambangkan kecantikan ini.

Source Motif Batik Sekar Jagad Berasal Dari Yogyakarta Dan Solo 10 Jenis Motif Batik Paling Populer di Indonesia
Comments
Loading...