Motif Batik Rumah Gadang Sumatera Barat

0 638

Dilihat dari namanya motif batik rumah gadang berasal dari Sumatera Barat, Sumatera Barat tidak hanya terkenal dengan makanan rendangnya saja tetapi kain batiknya juga tidak kalah terkenal. Batik adalah kain yang bergambar yang pembuatannya dilakukan secara khusus yaitu ada yang dibuat dengan cap dan adapula yang tulis yaitu dengan menggunakan malam pada kain tersebut. Batik ditetapkan sebagai warisan Indonesia oleh UNESCO.

Dahulu kala batik rumah gadang hanya digunakan pada upacara adat khusus yang kain batik digunakan sebagai selendang. Hanya para ninik mamak, bundo kanduang, dan datuk panutan adatlah yang boleh mengenakan. Para perempuan menyampirkannya di bahu, sementara para panutan adat melingkarkannya dileher. Motif batik rumah gadang jika dikenakan dapat menjadikan seseorang terlihat gagah dan elegan. Motif ini dapat dikenakan untuk berbagai keperluan baik formal maupun non formal. Termasuk digunakan sebagai baju batik muslim atau baju batik untuk anak – anak.

Warna dari motif kain batik rumah gadang bermacam – macam. Jadi tidak perlu khawatir bagi anda yang menginginkan warna lain dari motif rumah gadang ini, karena banyak pilihannya. Untuk mendapatkan kain batik tersebut pembeli dapat membelinya secara online. Sehingga tidak perlu jauh – jauh datang ke Sumatera Barat. Motif batik ini bercirikan kehidupan masyarakat daerah setempat, baik dari segi sisi budaya maupun kekayaan alam yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Meskipun Sumatera Barat lebih terkenal dengan kerajinan kain tenunnya, namun belakangan saat ini batik dan pengrajin batik mulai bermunculan di ranah minang. Ini dapat memberikan kontribusi untuk daerah setempat sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Motif rumah gadang dibuat oleh tangan – tangan yang terampil dan memiliki skill yang tinggi.

Source Motif Batik Rumah Gadang Provinsi Sumatera Barat Ragam Motif Batik
Comments
Loading...