Makna Dari Motif Batik Durian Pecah Khas Jambi

0 1.637

Motif Batik Jambi Durian Pecah

 

Batik telah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia yang telah mendapat pengakuan dunia dengan ditetapkannya Batik sebagai warisan budaya Indonesia, dan menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia, Sehingga setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Bicara tentang batik, yang kerap kali terlintas adalah kain batik yang berasal dari Pekalongan maupun yang berasal dari daerah yang terkenal di pulau Jawa.

Banyak orang yang tidak tahu tentang batik Jambi. Dahulu kala batik Jambi hanya diperbolehkan untuk lingkungan keluarga sultan. Sehingga pada saat itu sangat jarang orang yang membuat kerajinan batik di Jambi. Karena hanya orang – orang bangsawan dan golongan tinggi yang mampu mendapatkan batik Jambi.

Salah satu motif batik Jambi yang terkenal adalah motif durian pecah. Dikarenakan durian pecah mempunyai arti bahwa kulit durian yang memiliki kulit kasar dan tajam memiliki isi yang halus, lunak dan lembut, ini menjadi alasan mengapa buah durian dijadikan motif pada kain batik. Makna lain adalah motif batik durian menggambarkan dua bagian kulit durian yang terbelah, tetapi kulit durian masih menempel pada tangkainya. Kedua belah kulit durian ini mempunyai makna pada masing – masing bagian yaitu belahan pertama menggambarkan pondasi iman dan takwa, pada bagian kedua memiliki makna sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari makna tersebut dapat disimpulkan bahwa segala pekerjaan harus dilandasi dengan iman dan takwa sebagai pondasi serta ilmu pengetahuan dan teknologi agar mendapatkan hasil pekerjaan yang baik dan memuaskan secara maksimal.

Source Makna Dari Motif Batik Durian Pecah Khas Jambi Durian Pecah, Motif Batik Khas Jambi
Comments
Loading...