Legenda Dibalik Motif Batik Angsa Duo Provinsi Jambi

0 3.051

Motif Batik Jambi Angsa Duo

Motif batik Angso duo merupakan salah satu motif batik yang paling populer di Jambi. Angso Duo adalah ciri khas icon Kota Jambi yang diangkat dari legenda setempat. Kekhasan motif angso duo memiliki berbagai filosofi. Menurut budayawan Jambi Ja’far Rassuh, motif ini memiliki karakter dan kearifan lokal masyarakat Jambi pada zaman dahulu. Makna motif tersebut yakni karakter dan watak dari masyarakat Jambi yang memiliki karakter sederhana, tidak rumit, dan cenderung konvensional. Sehingga mencirikan karakter atau watak asli masyarakat Melayu Jambi.

Menurut legenda motif batik Angso duo merupakan sepasang angsa yang konon dipercaya menuntun Putri Mayang Mangurai dan Orang Kayo Hitam ketika mencari tempat tinggal atau membuka negeri baru yang sekarang dikenal dengan sebutan Kota Jambi. Jadi motif batik Angso duo ini erat kaitannya dengan legenda yang melekat erat dengan warga Jambi.

Seiring berkembangnya zaman yang pada dahulu kala batik hanya dipakai oleh para raja dan keluarganya saat ini masyarakat biasa juga dapat menggunakannya. Motif batik ini dalam proses pewarnaannya menggunakan bahan alami yang ada disekitar alam Jambi sendiri. Bahan tersebut adalah campuran dari beranekaragam tumbuh – tumbuhan dan kayu, seperti getah kayu lambato, buah kayu bulian, daun pandan, kayu tinggi, kayu sepang dan lain sebagainya. Sehingga menampilkan motif kain batik khas dari daerah Jambi. Batik khas Jambi ini dapat juga dijadikan oleh – oleh  untuk orang terdekat. Jadi kalau berkunjung ke Provinsi Jambi jangan lupa oleh – oleh batik Jambinya yaa.

Source Legenda Dibalik Motif Batik Angsa Duo Provinsi Jambi Batik JAmbi Angso Duo
Comments
Loading...