Motif Batik Gonggong Sebagai Ikon Kepulauan Riau

0 3.577

Motif Batik Gonggong Riau

Batik merupakan salah satu kain khas indonesia, dalam pembuatan kain batik ada dua  teknik yang pertama teknik dengan menggunakan malam dan yang kedua dengan teknik cap, yang dimana motif – motifnya memiliki kekhasan tertentu. Batik gonggong adalah batik yang berasal dari tanjungpinang kepulauan riau. Motif batik gonggong sangat unik yaitu motif cangkang siput yang dipadukan dengan pakaian batik sehingga menjadikan ciri khas yang menarik. Selain itu batik gonggong juga menambah khasanah kebudayaan indonesia.

Pencipta Ide pertama muncul dari Efiyar M. Amin, sahabat Onny mengangkat motif gonggong sebagai motif batik sebagai salah satu ciri khas Tanjungpinang . Merintis batik gonggong di mulai dengan desain awal aplikasi gonggong kemudian membuat cap dan belajar membatik gonggong. Sungguh perjalanan yang cukup panjang. Setelah mendapatkan batik gonggong dengan corak dan warna yang diinginkan, 2 Mei 2010 dibukalah toko kecil “SELARAS” sebagai produsen batik gonggong.Dengan dikenalnya batik gonggong oleh masyarakat, pemerintah Tanjungpinang memberikan dukungan moril atas eksistensi batik gonggong sebagai ikon khas Tanjungpinang dalam acara “Pekan Ekonomi Kreatif Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tnjungpinang 2010”, 14 Juni lalu. Dengan demikian permintaan masyarakat terhadap batik gonggong semakin meningkat.

Gonggong (Strombus Turturella) adalah salah satu jenis siput laut yang terdapat di sekitar perairan Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Gonggong merupakan objek kuliner makanan khas Tanjungpinang. Gonggong juga mencerminkan daerah kemaritiman Provinsi Kepri secara geografis 95 % merupakan laut. Batik gonggong merupakan media refleksi bagi generasi muda untuk terus mengembangkan kreativitas. Pakaian batik merupakan warisan kebudayaan Indonesia yang perlu kita pelihara, khusus generasi muda harus diimbangi dengan kreativitas dan intelegensi yang tinggi agar dapat bersaing dengan dunia global. Siput gonggong merupakan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia, khususnya Kepri dalam bidang kelautan, mencerminkan kepada generasi muda untuk terus mengelola potensi alam yang ada.

 

Source Motif Batik Gonggong Sebagai Ikon Kepulauan Riau Setetes Embun Penyejuk Jiwa
Comments
Loading...