Motif Batik Gayo Aceh Trand Dan Modis

0 607

Batik Gayo mulai berkembang di dunia industri batik. Khusunya daerah Aceh, Inspirasi batik gayo adalah berasal dari ukiran yang terdapat pada rumah tradisional yang biasa disebut ukiran kerawang Gayo. Tujuan penciptaan seni ini adalah untuk menciptakan motif batik yang memiliki ciri khas Gayo. Metode yang digunakan yaitu eksplorasi ide, perancangan, dan perwujudan menjadi motif batik. Dalam kegiatan ini telah diciptakan enam motif batik khas Gayo yaitu: (1) Motif Ceplok Gayo; (2)

Motif Gayo Tegak; (3) Motif Gayo Lurus; (4) Motif Parang Gayo; (5) Motif Gayo Lembut; dan (6) Motif Geometris Gayo. Hasil uji kesukaan terhadap motif kepada lima puluh responden menunjukkan bahwa Motif Ceplok Gayo paling banyak dipilih oleh responden yaitu sebesar 19%, sedangkan Motif Parang Gayo 18%, Motif Gayo Lembut 17%, Motif Geometris Gayo 17%, Motif Gayo Lurus 15% dan Motif Gayo Tegak 14%. Rata-rata motif yang dihasilkan mendapatkan apresiasi yang baik dari responden, sehingga semua motif layak diproduksi sebagai batik khas Gayo.

Adami mengatakan bahwa batik kerawang gayo cukup kreatif, dan berharap kedepannya dapat juga membuat batik dengan motif lainnya. Adami mengungkapkan juga kalau sekarang ini Gubernur Aceh pun akan memberlakukan seharidalam seminggu pegawai akan menggunakan batik. “Ini menjadi menarik, karena ada batik Gayo dan menyusul Batik Aceh. Untuk itu, Adami mengajak pengusaha Batik yang bernama Yuli Wahid untuk bekerjasama dengan dekranas Aceh, agar batik Gayo ini dapat berkembang. Adami juga mendorong Yuli Wahid untuk membuka Showroom Batik sendiri di Aceh. Adami umar yang merupakan Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Provinsi Aceh Adami Umar, mengaku cukup surpries pada pengusaha asal Gayo yang memiliki ide membumikan kerawang Gayo melalui Batik. Sebelumnya, Adami mengira batik cuma motif seperti yanga da di Jawa, tapi sekarang sudah ada orang Gayo yang memproduksi batik dengan motif sendiri.

Source Motif Batik Gayo Aceh Trand Dan Modis Kadisbudpar Aceh: Batik Motif Kerawang Gayo Cukup Kreatif
Comments
Loading...