Cantiknya Motif Batik Bunga Rosella diselembar Kain Batik

0 315

Bunga rosella dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, banyak orang yang menanam bunga ini dihalaman maupun pekarangan rumah. Hal ini bisa disebabkan orang – orang sudah mengetahui khasiat dari bunga tersebut. Selain digunakan sebagai obat, di kabupaten Surabaya bunga rosella dijadikan sebagai motif batik yang diberi nama motif batik bunga rosella.  Batik dengan motif ini dapat ditemukkan di berbagai kota khususnya Bojonegoro dan sekitarnya.

Menurut warga binaan rotary club of surabaya kaliasin pesona bunga rosella sangat menginspirasi untuk dijadikan sebagai kain batik, karena warnanya yang merah menyala jadi bagus kata Dia Santi perempuan umur 34 tahun. Dia santi adalah salah satu diantara 20 perajin yang memanfaatkan bunga rosella, yang tangan kanannya memegang canting dan tangan kiri mengankat kain. Dalam sehari dia

Santi dapat memproduksi selembar kain dengan motif bunga rosella yang diwarnai dengan bunga itu sendiri. Pewarnaan pada kain batik menggunakan kelopak rosella, sehingga batik terlihat lebih natural. Tidak hanya satu warna yang digunakan namun ada kombinasi dengan warna lainnya. sehingga dapat menghasilkan warna pastel, warna pastel ini sedang digandrungi, karena warnanya yang tidak terlalu berlebihan. Besar harapan semoga batik dengan motif rosella ini dapat diterima di masyarakat luas.

Presiden Rotary Club of Surabaya Kaliasin Fera Hadriyanti mengatakan bahwa komunitasnya terus menggali potensi warga yang dapat dikembangkan. Dengan memberdayakan produk lokal, warga bisa memperbaiki dan mengangkat derajat kondisi ekonomi. Pelatihan kepada warga pun tidak setengah-setengah. Rotary Club mendatangkan desainer Aan Soekardi. Dengan demikian, warga bisa membuat batik sekaligus memasarkan dengan baik. Jadi, mereka dapat pelatihan, produk apa saja sih yang bisa dimanfaatkan dari kain batik. Pelatihan batik ini sudah berjalan tiga tahun.

 

Source Cantiknya Motif Batik Bunga Rosella diselembar Kain Batik Bunga Rosella untuk Batik
Comments
Loading...