2 Cara Mudah Membedakan Batik Asli Dengan Batik Printing

0 44

2 Cara Mudah Membedakan Batik Asli Dengan Batik Printing

Ingin membeli batik untuk diri sendiri atau oleh-oleh? Jangan sampai salah pilih antara kain batik dengan kain motif batik. Kain batik menurut definisi adalah karya seni rupa pada kain dengan pewarnaan rintang yang menggunakan lilin batik sebagai perintang warna (wax resist technique) jadi yang masuk jenis batik adalah batik tulis dan batik cap, sedangkan yang menggunakan teknik sablon dan printing tidak masuk kategori batik.

Batik tulis karena proses pembuatan yang lama dan dibuat dengan cara manual dan telaten tentu saja harganya jauh lebih mahal dibanding batik cap apalagi batik printing. Untuk dapat membedakan antara batik dengan kain motif batik sebenarnya cukup mudah. Berikut ini lima langkah membedakan batik tulis dengan batik printing.

CARA MEMBEDAKAN BATIK ASLI DENGAN BATIK PRINTING

  1. Bedakan dari aroma / bau kain

Untuk membedakan antara batik tulis dengan bantik printing bisa dengan aroma kain. Pada kain batik tulis mengeluarkan aroma bau malam sedangkan untuk batik printing bau tinta kimia yang menyengat.

  1. Motif dan warna batik tulis akan tembus di kedua permukaan kain sedangkan printing tidak

Langkah kedua untuk mengetahui keaslian batik tulis bisa diamati pada motif dan warna kain, pada batik tulis pada kedua muka kain (bolak-balik) memiliki kesamaan antara warna dan corak, sedangkan batik printing warna tidak bisa tembus secara sempurna.

Source http://bahankain.com/ http://bahankain.com/2018/10/24/5-cara-mudah-membedakan-batik-asli-dengan-batik-printing/
Comments
Loading...