Batik Besurek Motif Asli Khas Bengkulu Pulau Sumatera

0 1.560

Motif batik besurek merupakan salah satu batik tradisional yang sangat terkenal di Bengkulu, hal ini dikarenakan batik besurek adalah kerajinan tangan khas Bengkulu.

Menurut sejarahnya kain Bengkulu ini merupakan perpaduan dari motif kaligrafi daerah Jambi dan Cirebon yang kemudian diadaptasi menjadi kain khas Bengkulu. Terdapat beberapa motif dari kain besurek salah satunya adalah bertuliskan huruf arab saja dan kain ini hanya digunakan untuk hal tertentu dan tidak boleh digunakan sembarangan seperti upacara adat.

Tetapi untuk batik modern biasanya kaligrafinya tidak memiliki makna atau arti. Ada pula yang bergambarkan burung walet karena di Bengkulu Selatan merupakan salah satu sentra produksi walet. Motif batik Bengkulu juga dipadukan dengan ornamen-ornamen lainnya antara lain Motif Burung Kuau (Burung yang disusun dari rangkaian huruf kaligrafi), motif Relung Paku (meliuk-liuk seperti tanaman Relung Pakayang bisa di temukan di Bengkulu) dan lain sebagainya.

Kain batik Besurek Bengkulu sudah ada sejak abad ke-16 bersamaan dengan masuknya Islam ke wilayah Bengkulu. Konon, batik besurek diperkenalkan para pedagang Arab dan pekerja asal India. Dahulu kala batik ini digunakan sebagai kan utama dalam upacara adat, kain ini memang bertuliskan huruf Arab yang bisa dibaca. Tetapi, untuk sekarang ini sebagian besar hanya berupa hiasan mirip huruf Arab. Sebelum masuknya islam ke Bengkulu kain batik besurek didominasi oleh warna hitam atau biru, warna tersebut biasanya digunakan untuk menutup mayat dan menutup keranda. Sedangkan warna lain yaitu merah,cokelat, kuning atau kekuningan yang digunakan untuk keperluan upacara adat seperti pernikahan.

Source Batik Besurek Motif Asli Khas Bengkulu Pulau Sumatera Artikel Tentang Batik
Comments
Loading...