Kabupaten Bondowoso Jawa Timur Juga Punya Batik

0 472

Batik  Bondowoso adalah batik yang tidak kalah unik dengan kain batik yang lainnya. Batik ini berasal dari provinsi Jawa Timur, akan tetapi banyak orang yang belum mengetahui bahwa daerah ini memiliki kain batik yang sangat unik. Aktifitas membatik di Bondowoso ini hanya di lakukan oleh perorangan saja, meski mempunyai sejarah membatik, akan tetapi hampir tak ada catatan terkait pola desain dan motif dari batik asli Bondowoso ini.

Batik Bondowoso memiliki motif batik yang khas dengan corak atau motif yang berbeda dengan batik yang ada di pasaran. Batik Bondowoso banyak terinspirasi dari bentuk tanaman daun singkong dan daun tembakau sehingga membuat batik ini terlihat sangat unik. Motif yang cukup populer pada batik Bondowoso in adalah motif batik singkong dan daun tembakau, banyak masyarakat yang menyebutkan bahwa batik ini sering di sebut dengan nama Batik Singkong Maesan atau batik Sumbersari.

Untuk motif tembakau dan daun singkong ini  di ambil dari filosofi mata pencaharian orang Bondowoso yang banyak bertani tembakau dan penghasil tape yang bahan dasar pembuatannya dari singkong. Kedua motif batik itu sama-sama memiliki keindahan dan kekuatan masing-masing. Sedangkan nama Maesan adalah nama kecamatan di Bondowoso dan Sumbersri adalah salah satu nama desa i kecamatan Maesan. Masyarakat di Sumbersari, Bondowoso, ini kan tidak memiliki sejarah panjang dalam budaya batik. Tahun 1985 batik ini ada, betul-betul baru. Maka dari itu tidak mudah untuk mengajari orang.

Motif yang dimiliki batik Bondowoso ini beraneka ragam, tak hanya motif motif kuno saja namun ada juga batik kontenporer atau batik modern. Bahan yang digunakan pengrajin juga cukup beragam yaitu seperti batik yang berbahan katun sampai dengan batik yang berbahan sutera Kain yang digunakan untuk membatik Batik Bondowoso adalah kain katun dan sutera jenis asli tenun bukan mesin. Kain sutera ini dibeli dari Garut, Jepara, Ciamis, Sulawesi, dan Bali.

 

Source Kabupaten Bondowoso Jawa Timur Juga Punya Batik Batik Bondowoso
Comments
Loading...