Motif Batik Mliwis Mukti Kabupaten Bojonegoro

0 278

Kabupaten Bojonegoro memiliki motif batik beraneka ragam salah satunya yaitu batik mliwis mukti. Mliwis yang berarti burung belibis yang merupakan jelmaan Prabu Angling Dharmo, Mukti (mulia), sehingga bermakna burung belibis yang mulia/tinggi, bukan sembarang burung belibis, karena burung belibis ini adalah jelmaan sang raja, yang dapat memotivasi masyarakat Bojonegoro untuk bekerja keras, tekun dan ulet dalam berkarya guna mencapai kemakmuran, yang menurut cerita legenda pada dahulu kala sebagai kerajaan yang pernah ada di wilayah bojonegoro.

Oleh sebab itu Bojonegoro merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan julukan Bumi Angkling Dharma. Konon pada dahulu kala, berdiri kerajaan Angkling Darma yang terkenal dengan sosok naganya. Tak heran, jika suporter bola di Bojonegoro memiliki julukan Laskar Angkling Dharma.  Di kota ini juga memiliki kebudayaan yang beragam antara lain, seperti kerajinan ukir kayu di Kelurahan Sukorejo, kerajinan batu onix di Kecamatan Gondang, kerajinan gerabah di Kecamatan Malo. Dan yang tak kalah menariknya yaitu seni kerajinan Batiknya. Batik ini sangat banyak peminatnya karena digunakan sebagai seragam kantor, pakaian sehari – hari baik acara formal maupun non formal, dan produk ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh dari Bumi Angling DharmaDengan memakai Batik, kita akan tampil lebih elegan dan lebih bernuansa Indonesia, dan secara tidak langsung telah berpartisipasi dalam melestarikan warisan budaya bangsa indonesia.

Untuk harga batik mliwis mukti khas bojoinegoro tidak terlalu mahal dan sangat terjangkau harganya. Berikut ini Jenis kain berdasarkan Panjang, lebar, dan proses pembuatan. Harga 1 Sutra100 cm115 cm Batik Rp 175.0002, Dobi 100 cm 115 cm Batik Tulis Rp 150.0003, Paris 100 cm 115 cm Batik Tulis Rp 125.0004, Katun 100 cm 115 cm Batik Tulis Rp 125.0005, Santung 100 cm 115 cm Batik Tulis Rp 100.000

Source Keindahan Motif Batik Mliwis Mukti Kabupaten Bojonegoro Bojonegoro Lebih Hidup Dengan Batik
Comments
Loading...