Mengenal Batik Khas Kota Hujan Kabupaten Bogor Jawa Barat

0 1.130

Batik khas Bogor merupakan sebuah terobosan baru dalam seni kerajinan batik di Indonesia, yang mana kerajinan batik ini tidak ada sebelumnya. Seni kerajinan batik khas Kota Bogor,mulai berkembang sejak tahun 2008, seiring dengan lahirnya kerajinan batik “Tradisiku”, yang dipelopori Siswaya, dengan mengangkat corak dan motif khas Bogor. Batik kota Bogor dikembangkan oleh seseorang yang bernama Siswaya Syamhudi, dia seorang pria kelahiran Yogyakarta yang sudah lama menetap di kota Bogor ± selama 25 tahun. Ia mulai berkreasi mengembangkan batik pada tahun 2008 sebagai salah satu bentuk pengabdiannya terhadap kota Bogor.

Dalam mengembangkan batiknya,  Siswaya bekerjasama dengan seorang desainer, desainer tersebut merupakan seorang pensiunan dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan,  bernama Bambang Miranto.

Bersama  seorang desainer pensiunan Deperindag tersebut menghasilkan beberapa motif, beberapa motif tersebut memilki khas yang melekat pada batik Bogor ini, antara lain ke khasannya ini  mengacu pada motif lama peninggalan kerajaan Pakuan Pajajaran.

Salah satu Motif Batik Kota Bogor mengisaratkan kearifan lokal serta fenomena kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya Bogor saat ini, yakni Motif Kujang-Kijang. Motif Kujangmerupakan lambang kota Bogor dan Motif Kepala Kijang mencerminkan Istana Bogor, batik Kota bogorpun memiliki ciri khas lainnya yang tersirat dalam kain dan warna. Warna yang menjadi Khas batik Kota Bogor adalah wana ungu, meskipun demikian banyak motif batik bogor yang berwarna lainnya untuk memenuhi kebutuhan dan minat masyarakat.

Motif kujang-kijang menunjukkan lambang kujang dan kijang yang menyatu dengan kokoh, posisi ujang lancip dan tanduk rusa di bagian luar menggambarkan alat yang mempertahanka, melindungi, mengayomi dan mengusir penjajah dari bumi Jawa Barat. Keamanan juga tercermin dari motif kujang dan tanduk rusa yang menghadap ke empat penjuru, sehingga perlindungan dilakukan dari setiap penjuru.

 

Source Mengenal Batik Khas Kota Hujan Kabupaten Bogor Jawa Barat Bogorgate.com
Comments
Loading...