infobatik.id

17 Motif Batik Kota Mojokerto Dipatenkan

0 103

17 Motif Batik Kota Mojokerto Dipatenkan

Wakil Ketua Dekranasda Jawa Timur Fatma Saifullah Yusuf memberikan apresiasi terhadap aneka motif batik khas Kota Mojokerto yang ditampilkan dalam event ”Gelar Kriya 2016” di anjungan Sunrise Mall Kota Mojokerto. Dalam ajang pameran dan peragaan busana itu juga ditampilkan 17 motif batik karya pengrajin Kota Mojokerto yang sudah didaftarkan hak paten.

Di wilayah Jawa Timur terdapat 38 kabupaten/kota yang punya desain batik. Tapi hanya sedikit yang berkategori bagus, perlu ada desainer. Agar desain batik itu punya motif bagus ketika dijual, maka dia mendorong para desainer potensial di Jawa Timur agar meluangkan waktu untuk membina perajin batik. Dengan cara ini, kualitas batik di Jatim makin meningkat dan bisa dijual di tingkat nasional. Sementara itu, Wali Kota Mojokerto Masud, Yunus mengatakan sedang aktif menumbuhkan industri kreatif agar berkembang di Kota Mojokerto.

Upaya itu dilakukannya dengan memfasilitasi pembuatan sentra batik melalui Dekranasda. Tak hanya batik, sebagai pusat industri sepatu dia mendorong agar pengrajin bikin brand sepatu Mojokerto. Nama-nama corak batik di Mojokerto yang sangat asing dan aneh di telinga sebagian orang. Misalnya Gedeg Rubuh, Matahari, Mrico Bolong, Pring Sedapur, Grinsing, atau Surya Majapahit.

Diantara desain batik Kota Mojokerto yang dipatenkan mengambil corak alam sekitar kehidupan manusia. Diantaranya motif pring sedapur merupakan gambar rumpun bambu dengan daun-daun menjuntai. Ada burung merak bertengger.

Source http://harianbhirawa.com/ http://harianbhirawa.com/2016/11/17-motif-batik-kota-mojokerto-dipatenkan/
Comments
Loading...