Batik Blora atau Mboro

0 518

Kabupaten Blora merupakan sebuah kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Blora adalah daerah penghasil minyak bumi paling utama di Pulau Jawa. Selama ini, hampir di sejumlah daerah di Jawa Tengah memiliki motif batik khas masing-masing, termasuk Kabupaten Blora juga memiliki batik tulis khas tersebut. Batik mbloro atau Blora memang baru dalam beberapa tahun terakhir ini mulai dikenalkan. Itu pun hanya sebatas home industri dengan karyawan antara 5 hingga 10 orang saja. Namun demikian batik di sini memiliki prospek yang sangat menggembirakan. Karena ternyata batik mbloro atau blora memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Batik Mbloro  selalu didominasi oleh  warna warna cerah, kontras dan tegas.

Karena memang masyarakat blora dikenal sebagai masyarakat yang keras dalam memegang  prinsip. Motif yang paling banyak dikembangkan adalah motif  semak semak yang menjalar dengan bunga berwarna warni. Sedangkan corak daun sangat diinspirasi corak  daun jati. Daun jati dijadikan motif pada kain batik karena daerah blora banyak dijumpai hutan jati.

Dalam sepuluh tahun terakhir batik Blora bisa berkembang pesat dan mampu bersaing dengan batik-batik dari berbagai kota lainnya. Meskipun terbilang muda, ternyata batik Blora tidak kalah dari segi kualitas. Bahkan sudah dipakai beberapa pejabat di tingkat provinsi maupun pusat. Perkembangan itu pun diapresiasi oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Blora, Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho. Ia kagum dan salut kepada para perajin Batik Blora yang terus melakukan inovasi dan kreatif dalam membuat karya batik, baik batik tulis maupun batik cap. Belum dikatakan pernah berkunjung ke Blora, jika belum berbelanja Kain Batik Blora. Kain istimewa dengan guratan pola ini menarik sebagai bahan dasar pakaian, santai maupun formal. Tidak hanya sebagai pola semata, guratan gambar dalam batik Blora menyimpan makna yang mendalam. Seolah menggambarkan Blora, dengan seribu satu cerita.

 

 

 

 

Source Batik Blora atau Mboro Kini Kian Beragam Jenisnya Bolgnya Lambangsarib
Comments
Loading...