12 Mahasiswa Asing Ikuti Kursus Batik

0 139

12 Mahasiswa Asing Ikuti Kursus Batik

Sebanyak 12 mahasiswa asing mengikuti kursus batik di Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui program International Batik Short Course 2017.

“Dalam hal ini kami mendukung program pemerintah, salah satunya mengenalkan produk batik Indonesia ke mancanegara,” kata Ketua Penyelenggara Tiwi Afanti pada pembukaan acara di Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS di Solo, Selasa.

Oleh karena itu, dikatakannya, para mahasiswa asing yang berasal dari delapan negara tersebut akan diperkenalkan batik melalui kursus singkat.

“Selain mengikuti praktik pembuatan batik, mereka juga akan kami ajak untuk tinggal di kampung batik, yaitu di Desa Pilang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen selama dua hari,” katanya.

Kaprodi Kriya Tekstil tersebut mengatakan selama di Desa Pilang para mahasiswa asing peserta International Batik Short Course 2017 akan tinggal dan membaur bersama warga setempat yang sehari-hari bekerja sebagai pengrajin batik.

“Dengan begitu mereka akan lebih mengenal batik tidak saja pada visual pola hiasnya tetapi juga pada keindahan maknawinya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS Ahmad Adib mengatakan batik bukan sekadar pakaian tetapi juga mencerminkan makna tematik yang luar biasa.

“Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai fakultas telah mampu menjadi andalan pusat kajian, pusat pengembangan budaya dan mitra bagi masyarakat luas untuk menjawab tuntutan zaman yang terus berubah. Pada dasarnya kami ingin mendukung program internasionalisasi UNS salah satunya melalui International Batik Short Course 2017,” katanya.

Ia mengatakan dengan makin mengenalnya masyarakat asing terhadap batik, diharapkan akan berdampak pada positifnya usaha pengembangan dan pelestarian batik di Indonesia.

Source https://jateng.antaranews.com https://jateng.antaranews.com/berita/177679/12-mahasiswa-asing-ikuti-kursus-batik
Comments
Loading...