100 Pembatik Mengikuti Sertifikasi Profesi dari Bekraf

0 9

100 Pembatik Mengikuti Sertifikasi Profesi dari Bekraf

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan sertifikasi profesi batik di Hotel Best Western Premier Solo Baru, Sukoharjo. Sebanyak 100 pembatik mengikuti sertifikasi profesi batik yang diadakan oleh Deputi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Harmonisasi Regulasi Bekraf.

Sukoharjo dipilih sebagai lokasi karena menjadi salah satu pusat produksi batik di Solo Raya dengan jumlah pembatik yang banyak. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pentingnya memiliki sertifikat kompetensi untuk meningkatkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional.

Apalagi saat ini memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pihaknya menilai perlu ada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui sertifikasi. Sejak 2016, Bekraf telah menyertifikasi lebih dari 300 orang untuk pembatik di Solo dan sekitarnya.

Adapun 100 pembatik yang mengikuti sertifikasi berasal dari Sukoharjo dan Wonogiri masing-masing 41 orang, Solo sebanyak sembilan orang, Karanganyar sebanyak tujuh orang, serta Semarang dan Jepara masing-masing ssatu orang.

Para pembatik tersebut akan mengikuti tiga skema ujian, yakni 88 orang mengikuti ujian sertifikasi pembatik batik tulis, tujuh orang ujian pola, dan lima orang mengikuti ujian batik cap. Bekraf bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Batik untuk mengembangkan ekosistem yang lebih kondusif bagi para pelaku ekonomi kreatif (ekraf), khususnya batik.

Peserta mengikuti serangkaian uji kompetensi yang dinilai oleh Tim Asesor dari LSP Batik yang dilaksanakan pada Kamis (25/10/2018). Sebelum sertifikasi, diadakan pelatihan dan penjelasan singkat yang disampaikan oleh sejumlah narasumber.

Antara lain tentang manfaat sertifikasi kompetensi dan pengenalan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), skema sertifikasi dan penyampaian teknis pengisian formulir sertifikasi, dan pengenalan asesor dan pengisian formulir uji kompetensi.

Source http://www.solotrust.com/#openModal http://www.solotrust.com/read/13014/100-Pembatik-Ikuti-Sertifikasi-Profesi-dari-Bekraf
Comments
Loading...