infobatik.id

Seni Batik Maluku

0 23

Seni Batik Maluku

Seni batik yang ada di daerah Maluku disebut dengan nama Batik Maluku. Motif yang dipakai dalam permukaan batik Maluku ini adalah berbagai macam hal yang menjadi ciri daerah ini seperti hasil bumi yang diwakili oleh Motif Batik Pala, Motif Batik Cengkih, Motif Batik Parang dan juga budaya khas dari Maluku yang terlihat pada motif batik salawaku. Motif Batik Salawaku adalah motif batik yang memperlihatkan bentuk dari senjata khas daerah ini selai itu ada juga bentuk motif yang memperlihatkan Tifa Totobuang yang merupakan alat musik tradisional masyarakat Maluku.

Daerah Maluku juga telah memiliki cukup banyak motif lainnya seperti Motif Batik Cengkeh Gugur, Motif Batik khas Pulau Seran dan juga motif batik yang memperlihatkan bentuk alat musik, Motif Batik Debur Ombak dan berbagai motif batik yang memperlihatkan budaya Maluku lainnya. Seni Batik Maluku pada umumnya menggunakan warna yang terang, dan juga kalem serta warna biru laut dan juga banyak yang menggunakan warna batik gelap.

Untuk bahan dasar dari batik daerah ini pada umumnya menggunakan kain katun dan juga kain sutra untuk kain batik dengan kualitas terbaik mereka. Hasil pembuatan batik dari masyarakat daerah ini tidak saja diminati dan disukai oleh masyarakat daerah ini saja namun juga banyak disukai dan dibeli oleh masyarakat dari luar daerah seperti dari Kalimantan, Papua, Jakarta bahkan beberapa turis asing dari Belanda dan Jepang juga banyak yang menyukai batik dari Maluku ini.

Source Seni Batik Maluku Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.