Perkenalkan Batik Khas Kota Depok ke Dunia

0 9

Perkenalkan Batik Khas Kota Depok ke Dunia

Batik sejak tahun 2009 sudah diakui sebagai warisan budaya dunia lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) UNESCO. Sekarang ini batik sudah sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat dengan berbagai coraknya yang unik. Komunitas Batik Depok terbentuk pada Maret 2017. Selain untuk melestarikan budaya melalui batik. Komunitas tersebut juga ingin memperkenalkan batik khas Kota Depok hingga ke seluruh dunia.

“Kami ingin seluruh masyarakat mengetahui ada batik khas Kota Depok. Harapannya, batik tersebut dapat lebih dikenal seperti batik Pekalongan dan batik Solo,” kata Ketua Komunitas Batik Depok, Ambar Lulis. Menurutnya, para anggota Komunitas Batik Depok terdiri dari pengrajin dan pengusaha Batik Tulis yang ada di Kota Depok. Pihaknya pun saling bekerjasama antara pengusaha dan para pengrajin batik untuk dapat mengolah  lagi menjadi pakaian, sepatu, tas dan kerajinan dari batik lainnya.

Saat ini motif batik Depok beragam. Diantaranya Motif Belimbing, Motif Golok Depok, dan Motif Gong Si Bolong. “Motif-motif tersebut menjadi ciri dari Batik khas Kota Depok,” ucapnya. Ambar pun berharap agar Komunitas Batik Depok bisa mewujudkan tujuan mereka, yaitu melestarikan batik sekaligus memperkenalkan Batik khas Kota Depok hingga go internasional. Mereka berharap, pemerintah dapat senantiasa mendukung beragam kegiatan dari komunitas tersebut. Semua Motif Batik memiliki makna yang tentunya berbeda sesuai dengan kekhasan yang ingin ditampilkan. Umumnya motif dan corak Batik Depok mengandung simbol-simbol Kota Depok dan Ikon Kota Depok.

Source Perkenalkan Batik Khas Kota Depok ke Dunia Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.