Perkembangan Batik Riau

0 7

Perkembangan Batik Riau

Perkembangan Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat Riau pada umumnya tidak jauh berbeda dengan kerajinan yang merupakan kain khas dari daerah ini. Dalam membuat kain tekat, cara yang dilakukan adalah dengan cara menyulam kain dengan benang emas untuk memperoleh pola dan motif yang mereka inginkan. Telepuk merupakan sebuah bahan kayu yang bersifat lembut dan dibuat dengan cara diukir seperti motif yang ada. Dalam beberapa kepentingan tertentu, bahan untuk capa dapat berasal dari berbagai macam benda seperti buah atau bisa juga menggunakan jenis sayuran yang keras seperti menggunakan sayur kentang. Penggunaan bahan cap dari buah dan sayuran ini pada umumnya hanya untuk satu kali pemakaian saja dan bukan bahan cap yang bersifat selamanya.

Motif Batik dihasilkan dari bahan cap jenis ini hanya dapat sebesar ukuran dari buah dan sayur yang dipakai oleh para seniman baju batik ini. Namun batik cap di wilayah Riau ini sempat berhenti pembuatan nya kala berakhirnya masa kejayaan pemerintahan kerajaan dan berhenti di produksi sampai beberapa waktu. Usaha untuk kembali membuat hidup seni batik di daerah Riau ini dilakukan oleh pemerintah Riau pada tahun seribu sembilan ratus delapan puluh lima. Pada masa itu pemerintah provinsi Riau berusaha menggali kembali dan juga menumbuhkan kesenian pembuatan batik cap dari wilayah ini dengan cara membuat berbagai macam pelatihan pembuatan batik terhadap masyarakat Riau. Namun pada masa itu seni batik yang dibuat bukan lagi batik cap seperti yang dibuat oleh nenek moyang mereka namun lebih membuat jenis batik jawa yang dibuat dengan menggunakan alat yang bernama canting.

Berbeda cara pembuatan namun Motif Batik yang dibuat oleh seniman daerah ini tetap menggunakan motif batik yang asli dari Melayu Riau. Para seniman batik di wilayah ini juga telah melakukan pengembangan pada berbagai macam motif batik tradisional dari daerah ini dengan tidak mengubah dan juga mengurangi nilai seni yang terkandung dalam Motif Batik Riau tersebut. Pemerintah daerah Riau ini memberikan dukungan yang sangat batik terhadap perkembangan batik Riau ini dengan terus mengadakan berbagai macam pameran busana batik Riau baik di dalam negeri dan juga melakukan berbagai macam pemeran batik di luar negeri untuk lebih membuat batik Riau dikenal kembali secara luas.

Source Perkembangan Batik Riau Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.