Perkembangan Batik Indramayu

0 9

Perkembangan Batik Indramayu

Perkembangan seni batik di daerah Indramayu ini dapat disebut telah cukup besar. Batik yang dibuat oleh seniman daerah ini telah banyak berubah baik dari kegunaan batik, pemilihan motif, pemilihan warna dan juga beberapa hal lain yang ikut berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan pengaruh budaya yang ada dari wilayah lain. Selain itu perkembangan dalam dunia batik ini memang terus menerus dilakukan oleh berbagai pihak yang berkepentingan seperti para seniman batik dan juga pemerintah daerah maupun pusat.

Seni batik adalah seni yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia sehingga memang patut untuk diperjuangkan. Keindahan batik telah berhasil menarik minat masyarakat luas baik di Indonesia maupun di luar negeri. Batik yang pada awalnya sebuah seni yang hanya dipakai oleh Raja dan kerabat keratonnya telah melakukan perkembangan pesat hingga seperti saat ini. Keindahan Motif Batik saat ini tidak saja dapat terlihat pada motif kain batiknya, namun para pembuat batik saat ini juga telah berhasil secara terus menerus dan konstan menciptakan berbagai model dan juga desain batik yang menarik baik untuk pria dan juga wanita.

Motif Batik terus menerus berkembang dan Motif Batik baru terus menerus bermunculan setiap harinya untuk dapat memenuhi kebutuhan baju batik yang diinginkan oleh masyarakat luas. Perkembangan Motif Batik saat ini memang sangat pesat namun beberapa Motif Batik Tradisional tetap memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat seperti motif Jendral pesta yang berasal dari daerah Indramayu ini. Motif ini merupakan salah satu motif yang memperlihatkan sejarah wilayah Indramayu di mana pada masa dahulu di daerah ini terdapat banyak sekali tentara Belanda yang ada di daerah pesisir pulau Jawa ini.

Source Perkembangan Batik Indramayu Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.