infobatik.id

Perkembangan Batik Depok

0 18

Perkembangan Batik Depok

Batik telah berkembang dengan sangat pesat, yang pada awalnya kesenian tersebut hanya dibuat dalam lingkungan keraton saja, saat ini telah berkembang menjadi sebuah industri dalam skala cukup besar yang menyerap cukup banyak tenaga kerja. Tingginya perkembangan industri batik ini juga menarik minat berbagai macam pihak untuk mengembangkannya. Keindahan motif baju batik ini pada akhirnya berkembang tidak saja di pulau jawa dan telah berkembang menjadi industri rakyat di berbagai wilayah di Indonesia.

Perkembangan batik yang sangat baik ini juga membuat Kota Depok terpacu untuk menciptakan motif baju batik yang mengangkat ciri khas Kota Depok. Dengan berdasarkan keinginan untuk memiliki motif baju batik khas ini maka membuat pemerintah kota Depok mengadakan lomba desain batik khas kota Depok yang berhasil menarik minat 223 peserta. Dalam perlombaan batik tersebut tercipta 345 jenis motif baju batik.

Dari sekian banyak motif batik unik tersebut akhirnya dipilihlah sepuluh jenis motif batik yang dianggap paling pas untuk menjadi Wakil Kota Depok dalam industri batik. Secara khusus dalam membuat desain batik ini, seniman batik kota Depok ini diharapkan memberikan sentuhan muatan lokal dan juga nasional untuk dijadikan motif khas daerah Depok ini. Pemilihan berbagai macam pola batik dan juga warna khas dari batik Kota Depok ini pada umumnya memiliki makna yang baik dan dapat mengangkat kesenian dan juga industri batik di Kota Depok ini sehingga dapat sejajar dengan kota batik lainnya.

Berbagai macam motif batik lainnya diharapkan dapat menjadi motif batik unggulan kota Depok. Saat ini bahkan Kota Depok telah memiliki sebuah motif batik khas yang baru yaitu motif batik ODNR yang merupakan salah satu motif batik yang digunakan untuk mengangkat sebuah program pemerintah daerah Depok.

Source Perkembangan Batik Depok Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.