Perkembangan Batik Besurek

0 9

Perkembangan Batik Besurek

Perkembangan Motif Batik Besurek ini juga kemudian digabungkan dengan Motif Batik lainnya yang dibuat sebagai pelengkap dari Motif Batik Besurek yang menjadi motif batik utama. Beberapa motif yang kerap dipakai untuk mendampingi Motif Batik Kaligrafi ini adalah Motif Batik Bunga Raflesia, kemudian Motif Batik Burung Kuau, Motif Batik Relung Paku, Motif Batik Rembulan dan beberapa motif batik lain yang kerap mendampingi Motif Batik Kaligrafi ini. Dalam satu helai permukaan kain Batik Besurek ini kerap kita temukan dua atau lebih Motif Batik seperti Motif Batik Kaligrafi yang kemudian di kombinasi kan dengan Motif Bunga Raflesia, Motif Kaligrafi yang dipadukan dengan Motif Rembulan dan berbagai paduan lain yang membuat Motif Batik Besurek ini menjadi jauh lebih menarik.

Motif Batik Bunga Raflesia adalah Motif Batik yang memperlihatkan bentuk bunga bangkai yang merupakan satu-satunya bunga bangkai raksasa yang ada di dunia dan tumbuh di daerah hutan bengkulu. Motif baju batik ini adalah motif utama dalam kain Batik Besurek selain dari Motif Batik Kaligrafi yang juga merupakan motif utama dalam kain Batik Besurek. Sementara Motif Batik Burung Kuau adalah Motif Batik yang memperlihatkan bentuk burung yang tersusun rapi dari rangkaian huruf kaligrafi. Motif Batik Rembulan adalah sebuah Motif Batik yang memperlihatkan bentuk Motif Batik dengan gambar bulan yang bulat dan digabungkan dengan Motif Batik Kaligrafi.

Motif Relung Paku merupakan Motif Batik yang memiliki gambar dengan bentuk meliuk seperti bentuk tanaman relung paku yang banyak dijumpai tumbuh secara bebas di wilayah Bengkulu. Pembuatan kain batik besurek ini proses untuk membuat menjadi kain batik jadi melalui proses yang sama dengan kain batik yang dibuat oleh seniman batik di Pulau Jawa. Seni batik ini merupakan sebuah kerajinan yang bersifat tradisional dan dilakukan secara bersama oleh para seniman batik dalam keluarga secara turun menurun dalam proses pembuatan baju Batik Tulis ini. Dengan munculnya batik cap dan juga batik printing membuat Batik Besurek tulis ini mulai berkurang pesanannya karena harga batik cap dan juga printing yang jauh lebih murah.

Source Perkembangan Batik Besurek Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.