infobatik.id

Motif Lok Chan Batik Tulis Gedog

0 6

Motif Lok Chan Batik Tulis Gedog

Kabupaten Tuban memiliki tiga corak kebudayaan yaitu Jawa, Islam, dan Tiongkok yang ketiganya sama-sama berkembang dan berdampingan dengan sangat harmonis. Budaya Jawa terlihat di Motif Bunga, budaya Islam tampak di Motif Kijing Miring, dan pengaruh budaya Tiongkok hadir melalui Motif Burung Hong atau Lok Chan (Phoenix). Motif Lok Chan Batik Tulis Gedog merupakan bukti adanya asimilasi budaya Tionghoa yang berkembang pada zaman dahulu di Kabupaten Tuban. Motif Lok Chan terinspirasi dari burung Phoenix atau burung Hong.

Burung Phoenix atau Burung Hong merupakan salah satu burung yang dikenal dalam mitologi China (burung Phoenix atau burung Hong ini tidak ada pada Kabupaten Tuban). Ciri khas Motif Lok Chan adalah bentuk gambar dari burung Phoenix yang mengembangkan sayapnya. Sejarah nama Lok Chan berasal dari China, Cuan atau Juan yang merupakan kain tenun sutra biru sederhana dari negeri China. Pada zaman dahulu sutra yang didatangkan berasal dari China kesemuanya memiliki warna cenderung kebiru-biruan.

Burung Phoenix atau burung Hong dianggap merupakan pemimpin burung, yang melambangkan keperkasaan seorang laki-laki. Motif Lok Chan dianggap memiliki nilai sakral yang dipercaya oleh masyarakat Kabupaten Tuban untuk menyelimuti seseorang yang disengat kalajengking agar supaya cepat sembuh. Salah satu contoh bentuk Motif Lok Chan seperti terlihat pada gambar disamping. Kaos berkerah dengan bahan kain katun bermotifkan burung Phoenix dengan anggunnya mengembangkan sayap keperkasaan yang melambangkan laki-laki.

Source Motif Lok Chan Batik Tulis Gedog Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.