infobatik.id

Motif Batik Subang

0 17

Motif Batik Subang

Motif batik yang menjadi khas dari Kabupaten Subang masih dalam tahap pengembangan. Motif batik yang dibuat di daerah Subang ini masih terus dikembangkan dan dicari warna yang yang pas untuk menjadi ciri khas mereka. Salah satu motif batik yang telah menjadi ciri khas dari kota Subang adalah motif batik nanas. Industri pembuatan batik di daerah Subang bermula sejak batik diakui menjadi sebuah warisan budaya yang diakui oleh dunia. Pengakuan ini membuat seni dan juga industri batik di berbagai daerah di Indonesia seperti mendapatkan dorongan positif yang sangat kuat.

Industri batik dengan berbagai macam motif dan juga pola khas dari berbagai daerah di Indonesia muncul. Industri batik kemudian juga muncul di daerah Subang, jawa barat. Walaupun pada awalnya seni batik tidak ada dalam budaya masyarakat Subang, namun dengan banyaknya permintaan akan seni batik khas dari daerah ini  maka mulai lah dipikirkan untuk membuat motif batik khas dari daerah mereka. Salah satu motif batik khas yang kemudian banyak dikembangkan oleh seniman batik di daerah ini adalah Motif Batik Ganasan. Motif batik ini memberikan bentuk yang sangat dikenal oleh masyarakat Subang yaitu motif batik yang sumber ide nya berasal dari buah nanas.

Kabupaten Subang memang terkenal dengan buah nanas mereka yang memiliki rasa sangat enak. Seniman batik di daerah Subang ini juga membuat motif batik lainnya seperti Motif Batik Sisingaan, Motif Batik Daun Teh, Motif Batik Kupu-kupu dan berbagai macam motif batik dengan latar belakang keindahan alam kota Subang.

Source Motif Batik Subang Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.