Motif Batik Khas Depok dan Motif Terbaru

0 10

Motif Batik Khas Depok dan Motif Terbaru

Aneka macam Motif Batik dari berbagai penjuru daerah di nusantara yang menggambarkan kekayaan daerah asalnya. Tidak ketinggalan dengan Kota Depok yang memiliki Batik. Cara berpromosi yang cukup unik melalui selembar kain bercorak yang penuh makna. Kota Depok ikut mempromosikan Batik Depok. Tidak tanggung tangung, saat ini sudah ada 11 Motif Batik Depok yang masing masing motif memiliki arti khusus yang menggambarkan tentang kota Depok. 10 motif batik Depok diantaranya merupakan hasil Lomba Desain Batik Khas Depok tahun 2007 lalu. Sedangkan motif ke-11 adalah motif terbaru yang digagas Dekranasda kota Depok pada tahun 2013 lalu, sebagai dukungan terhadap program diversifikasi pangan, dan dinamakan motif ODNR (One Day No Rice).

  1. Apa yang hendak di perkenalkan melalui Motif Batik Depok yang beraneka warna?
    Paricara Dharma, yang merupakan semboyan Kota Depok, yang merupakan amanah semua komponen masyarakat Depok, yang mengutamakan pengabdian yang baik, benar dan adil.
  2. Simbol Sayap, yang berarti mengayomi, mengangkat tinggi harkat, martabat dan derajat masyarakat Depok pada umumnya.
  3. Simbol Buah Belimbing dan Ikan Memphis, melambangkan keunggulan Kota Depok.
  4. Simbol Mega Mendung, memberi arti tingginya cita-cita dan semangat yang sejuk.
  5. Jembatan panus, Margonda, Gedung Tua dan Gong Sibolong serta Topeng Cisalak, yang menunjukan bahwa masyarakat Depok tak akan pernah meninggalkan dan akan selalu menghormati sejarah dan budaya para pendahulunya.
Source Motif Batik Khas Depok dan Motif Terbaru Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.