infobatik.id

Menjaga Kelestarian Batik Majalengka

0 5

Menjaga Kelestarian Batik Majalengka

Batik Majalengka memiliki aneka ragam motif yang diangkat dari khasanah flora dan fauna, membuatnya memiliki keunikannya tersendiri dibandingkan dengan batik-batik lainnya di Nusantara. Ada empat Motif Batik Majalengka yang terkenal, yakni Gedong Gincu, Lauk Ngibing, Kota Angin, dan Nyi Rambut Kasih.

Untuk dapat menjaga kelestarian batik yang ada di Majalengka perajin batik Hery Suhersono yang merupakan salah satu warga Desa Enggalwangi Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka memberikan pelatihan batik tulis kepada anak-anak di lingkungan tempat tinggalnnya. Mereka dilatih untuk membatik tulis dan membuat seni border kain. “Tujuannya untuk melestarikan batik sebagai budaya asli Indonesia. Kami juga membekali siswa-siswi dengan seni membatik, sebagai generasi penerus,” kata Hery.

Para pelajar terlihat tekun membuat pola batik di sebuah sanggar batik lukis tempat tinggal Hery. Para siswa diberi kebebasan membuat pola bunga, binatang, pemandangan alam, pegunungan, maupun bentuk karikatur lainnya. Setelah pola terbentuk, dengan bimbingannya kemudian mereka diajari cara melukis secara benar, menggunakan lilin batik atau malam. Proses selanjutnya tentang cara pewarnaan menggunakan bahan-bahan kimia.

“Pewarnaan batik lukis ini memerlukan ketelitian tersendiri dan dilakukan beberapa tahapan. Setelah pewarnaan lalu dijemur menggunakan sinar matahari diakhiri tahap perebusan atau dengan menghilangkan lilin yang menempel pada kain,” kata Herry menjelaskan. Dari semua proses yang dilakukan agar menghasilkan warna yang sempurna. Pasalnya, batik lukis digunakan sebagai hiasan, sehingga nilai seninya lebih menonjol dibandingkan dengan batik lainnya.

Source Menjaga Kelestarian Batik Majalengka Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.