infobatik.id

Mengenal Motif Pertama Batik Cirebon

0 4

Mengenal Motif Pertama Batik Cirebon

Batik merupakan salah satu dari warisan dunia yang dimiliki oleh negara Indonesia yang terus dilestarikan. Berbagai daerah di tanah Jawa pun sudah dikenal dengan pembuat batik. Salah satu di antaranya adalah Cirebon, Jawa Barat. Batik di daerah pesisir Jawa Barat ini cukup dikenal dengan motif mega mendung, yaitu bergambar awan yang luas dengan pewarnaan gelap seperti awan mendung. Seorang sejarawan Cirebon bernama Hilman, mengatakan motif awal batik yang ada di kawasan Pantura, khususnya Cirebon, cenderung terinspirasi dari alam. Motif pertama Batik Cirebon itu seperti Wadasan yang cenderung menginspirasi warga pesisir. Ada juga yang dari tumbuhan, seperti Motif Kangkungan yang terinspirasi dari tumbuhan. Ada juga motif yang terinspirasi dari hewan, bahkan pusaka keraton seperti keris.

Ciri khas Batik Cirebon cenderung sesuai dengan kondisi alam dan teritorial wilayah warga. Baik yang di daerah pesisir maupun pegunungan dan keraton. Dari banyaknya batik, Cirebon memiliki dua bagian khas, yakni Batik Motif Kratonan dan Batik Trusmi. Batik Kratonan terinspirasi dari orang-orang keraton. Pengrajin batik membuat motif atas arahan dan inspirasi keraton. “Dulu banyak pembatik di Keraton Cirebon. Sejak tahun 1950 sudah tidak ada lagi pembatik di sana,” ucap Hilman.

Sementara motif lain, yakni Trusmi merupakan model batik dari luar keraton. Gaya trusmian ini cenderung mengikuti perkembangan dan dibuat di Desa Trusmi Kabupaten Cirebon. Hingga dalam perkembangannya Cirebon punya batik Ciwaringin dari pewarna alam.

Hilman mengatakan, hingga saat ini, model Batik Cirebon yang masih bertahan dan berkembang adalah Trusmian dan Ciwaringin. “Zamannya VOC dulu juga pakai batik,” sambung dia. Sejak tahun 1950, Batik Model Kratonan sudah tidak ada lagi. Selain tak ada pengrajin, Batik Model Kratonan juga sudah banyak beredar di Desa Trusmi Kabupaten Cirebon.

Source Mengenal Motif Pertama Batik Cirebon Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.