Menelusuri Karakter Melayu dalam Motif Batik Jambi

0 9

Karakter Melayu dalam Motif Batik Jambi

Batik Jambi merupakan suatu corak dan ciri khas batik yang berasal dari Jambi. Ada beberapa jenis motif Batik Jambi, yang barangkali perlu diketahui antara lain: motif Riang-riang, Durian Pecah, Kepiting Jambi, Biji Timun Jambi, Tampuk Manggis, Kapal Sanggat, Kaca Piring, Kuao Berhias, Bungo Cendawan dan Bungo Keladi, dan lain-lain. Dari kebanyakan motif diatas lebih didominasi hiasan ragam berupa bunga dan daun yang akan mendekatkan kepada unsur alam melayu Jambi. Seolah tak habis disana, tak habis hanya sampai di motif saja. Ada juga hal-hal menarik yang perlu dicermati dalam memaknai Batik Jambi, sekaligus memaknai Indonesia.

Gambar motif yang melekat pada batik Jambi merupakan wujud-sadar dari watak dan karakter masyarakat melayu Jambi. Tipikal orang melayu Jambi adalah sederhana, egaliter dan terbuka terhadap budaya luar, namun agak lamban merespon perubahan. Tipikal ini dilukiskan dengan sangat apik dengan menampilkan unsur-unsur yang tak rumit dan fleksibel ditiap motifnya.

Sampai saat ini  satu-satunya ciri khas khas Motif Jambi yang dapat dipertanggungjawabkan orisinalitas keberadaan adalah kesederhanaan bentuk dan kemandirian objek motif tersebut. Motif Batik Jambi berdiri sendiri, tak berangkai dan merangkai, terlepas dari yang lainnya, sehingga banyak ruang kosong didalamnya. Pada Batik Jambi ruang kosong itu biasanya diber isian ragam hiasan berupa bentuk tabur titik.

Source Menelusuri Karakter Melayu dalam Motif Batik Jambi Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.