infobatik.id

Makna Simbolik Batik Naga Tapa Purbalingga

0 16

Makna Simbolik Batik Naga Tapa Purbalingga

Berbagai simbol-simbol yang ada di Indonesia pada umumnya berasal dari para masyarakat terdahulu, simbol-simbol yang telah tercipta oleh masyarakat terdahulu sampai saat ini masih kerap digunakan oleh sebagian masyarakat saat ini. Masyarakat Purbalingga juga mempunyai pandangan yang sama. Batik Naga Tapa merupakan salah satu Motif Batik Lawas dari wilayah Purbalingga. Batik Lawas artinya batik lama (kuno). Batik tersebut telah dibuat pada tahun 1940 oleh Nyonya Soegiarti. Kain batik tersebut saat ini disimpan di Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja Kabupaten Purbalingga.

Makna- makna simbolik yang terkandung pada Batik Naga Tapa tersebut berkaitan dengan Kabupaten Purbalingga. Kain batik yang telah dibuat oleh Nyonya Soegiarti terdiri dari dua unsur kata yaitu naga dan tapa. Kata naga dan tapa merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta. Hal tersebut merupakan sebagian bukti yang menunjukkan kuatnya pengaruh Hindu India yang datang ke Jawa pada masa silam.

Naga telah lama dikenal oleh masyarakat Jawa, walaupun bagi sebagian orang naga dianggap sebagai binatang khayalan. Naga adalah istilah Sansekerta untuk menyebut ular, dan dalam bahasa Indonesia naga berarti ular besar yang kadang-kadang digambarkan bermahkota. Tapa merupakan suatu cara yang digunakan untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan, tujuan tersebut dapat berupa kekayaan, kebahagiaan, kecantikan, kedamaian dan sebagainya baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jasper & Mas Pirngadie (1916) tapa adalah in afzondering leven als kluizenaar, dalam Rahajoekoesoemah (1995) dapat diartikan sebagai berikut; in (dalam) afzondering (kesepian, keterpencilan, pemisahan, penyediaan) leven (hidup) als (bilamana, sebagai, seperti) kluizenaar (pertapa, orang yang memencilkan diri). Dengan demikian definisi yang dikemukakan oleh Jasper & Mas Pirngadie tentang tapa adalah hidup dalam keterpencilan sebagai pertapa (orang yang memencilkan diri).

Source Makna Simbolik Batik Naga Tapa Purbalingga Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.