Makna Pada Motif Batik Purwakarta

0 13

Makna Pada Motif Batik Purwakarta

Karakteristik Purwakarta juga nampak pada kain batik hasil karya masyarakat Purwakarta. Batik khas Purwakarta juga memiliki motif tersendiri tidak seperti daerah lainnya. Dimana dalam motif batik tersebut memiliki makna yang sangat besar dalam roda pembangunan Kabupaten Purwakarta yang berkarakter. Ketetapan Batik Purwakarta yang memiliki tujuh makna, tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 33 tahun 2009. Bahkan ke depannya, Batik Purwakarta juga akan dipatenkan ke Departemen Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Makna yang terdapat pada motif Batik Purwakarta antara lain :

  • Motif Batik berwarna dasar hitam dengan motif warna kuning emas yang melambangkan kegagahan dan kejayaan Purwakarta.
  • Motif Batik bergambar dua pilar atau yang dikenal di tataran Sunda dengan sebutan Gerbang Indung Rahayu yang melambangkan dua kalimat syahadat yang bermakna hakekat dan syariat.
  • Motif Batik Purwakarta, yaitu alap yang tinggi atau disebut Suhunan Julang Ngapak yang melambangkan perlindungan dan mengayomi seluruh warga Kabupaten Purwakarta.
  • Makna keempat, yaitu Uga lekukan yang memiliki makna Iman, Islam dan Ikhsan.
  • Makna yang kelima, yaitu Kujang yang merupakan kepintaran (wibawa) yang juga merupakan senjata dan simbol di tataran Pasundan.
  • Makna keenam, yaitu motif bunga Melati, melambangkan kesucian dan keharuman dan
  • Makna ketujuh, dasar hitam dengan garis yang melewati dua pilar di bawah melambangkan jalan yang mulus, air mengalir, dan subur makmur.

Dari 7 makna yang ada dalam Motif Batik Purwakarta tersebut, semuanya menggambarkan makna Kesundaan dengan nilai-nilai luhur dan langkah operasional yang dirangkum dalam visi dan misi Purwakarta serta sembilan langkah dalam membangun negeri yang sejahtera menuju Digjaya Purwakarta.

Source Makna Pada Motif Batik Purwakarta Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.