Makna dibalik Batik Hitam Putih

0 12

Makna dibalik Batik Hitam Putih

Perkembangan Motif Batik yang dipengaruhi oleh banyak fakktor sangat dekat dengan kehidupan manusia. Selain objek alam seperti binatang dan tumbuhan, beberapa corak batik juga menggambarkan benda mati. Semua itu tergantung dengan keadaan sosial budaya tempat dimana batik berkembang. Setiap motif yang ada di batik pasti mengandung makna yang sarat nilai moral. Begitu pula dengan Batik Hitam Putih yang tidak lepas dari filosofi tertentu yang akan disampaikan. Warna hitam dan putih sangat identik dengan Motif Bango Tulak yang dianggap sebagai salah satu Motif Batik Tertua.

Bango Tulak merupakan jenis burung yang sangat dipercaya sebagai simbol umur panjang. Makna warna hitam yakni perlambang sesuatu yang kekal atau langgeng, sedangkan warna putih dimaknai sebagai perlambang hidup atau sinar kehidupan. Motif Bango Tulak masih dipertahankan sebagai corak batik yang tetap lestrai dan dapat dijumpai baik untuk busana sehari-hari maupun dalam upacara adat tertentu.

Acara upacara yang melibatkan Motif Batik Bango Tulak yaitu pernikahan dan ketika seseorang mendirikan rumah. Kain bercorak Bango Tulak teerutama dipakai jika rumah tersebut memiliki tiang kayu. Bahan Batik Bango Tulak dipakai sebagai penutup pada ujung tiang atas rumah penyangga blandar. Walaupun Batik Hitam Putih terkesan tidak cerah, tetapi sebagai warisan leluhur batik berwarna hitam putih tetap mengandung nilai seni dan estetika yang sangat mengagumkan.

Source Makna dibalik Batik Hitam Putih Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.