infobatik.id

Makna Batik Kuningan

0 18

Makna Batik Kuningan

Motif batik dari wilayah Kuningan merupakan motif batik yang unik dan beberapa diantaranya memiliki makna seperti batik yang dibuat di wilayah Jawa Tengah. Makna dan juga filosofi yang ada pada Motif Batik Kuningan ini merupakan sebuah gambaran dari budaya masyarakat kuningan itu sendiri. Motif Batik Mayang Segara adalah salah satu motif baju batik yang memperlihatkan bentuk yang agung, dan juga memperlihatkan samudra yang luas dan juga indah sebagai sebuah bentuk hasil ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa.

Ada juga Motif Batik Adu Manis yang merupakan motif batik yang pada kebudayaan masyarakat Kuningan adalah motif yang dipakai pada acara pernikahan. Motif Batik Adu Manis Ini merupakan lambang dari bersatu nya dua manusia yang saling sayang dan mencintai untuk menjalankan kehidupan rumah tangga yang harmonis. Motif batik selanjutnya adalah Motif Batik Rereng Pwah Aci.

Motif ini adalah cerminan dari sosok wanita Sunda yang mempunyai andil yang sangat penting dalam kehidupan keluarga, pribadi dan juga dalam kehidupan sosial umat manusia. Wanita Sunda adalah orang yang memiliki sosok yang kuat, teguh dan juga merupakan seseorang yang memiliki peran penting dan juga mampu memiliki karya dalam menjalani kehidupannya.

Motif Batik Kuningan yang muncul pada tahun 2011 diantaranya adalah Motif Batik Kuda, Motif Batik Rereng Ikan Dewa, Motif Baju Batik Kagungan, Motif Batik Bokor Mas dan masih banyak lagi Motif Batik Kuningan yang lain. Batik kuningan merupakan batik yang masih tergolong baru dalam kancah seni batik nusantara,namun dengan sepak terjang para seniman batik di wilayah ini dan juga dukungan dari masyarakat membuat seni batik Kuningan merupakan sebuah daerah yang layak mendapatkan perhatian dalam seni batik dan menambah keragaman motif batik nusantara yang indah.

Source Makna Batik Kuningan Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.