Lahirkan Batik Burung Garuda

0 7

Lahirkan Batik Burung Garuda

Bulan Agustus selalu identik dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Berbagai kegiatanpun sering digelar untuk memeriahkan hari yang sangat bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Perajin Batik Pekalongan, Jawa Tengah bernama Failasuf pun tak mau ketinggalan. Untuk memperingati ulang tahun Indonesia yang ke-72 ia membuat motif batik yang diberi tema Burung Garuda. Batik itu juga dipenuhi tulisan Bhinneka Tunggal Ika.

Tak cuma satu motif, perajin yang berasal dari desa Wiradesa, Kabupaten Pekalongan ini bahkan membuat tiga Motif Burung Garuda sekaligus. Failasuf memadukan gambar Burung Garuda dengan Motif Mega Mendung dan ornamen-ornamen batik khas pesisisr utara Jawa, seperti gambar flora dan fauna. Ia juga membubuhkan gambar bunga matahari sebagai perlambang keberagaman Indonesia yang memiliki satu tujuan, yaitu persatuan Indonesia. Batik Burung Garuda ini dilukis dalam selembar kain sutera berukuran 2,5 meter x 1 meter. Kain suteranya sendiri merupakan hasil tenunan tangan dan bukan mesin.

Failasuf membutuhkan waktu satu minggu untuk merajut benang sutera menjadi sebuah kain utuh. Sedangkan untuk proses membatiknya sendiri ia membutuhkan waktu sekitar 20 hari. Tiap lembar kain batik edisi terbatas ini juga dilengkapi dengan garis-garis tipis untuk memudahkan penjahit membentuk pola pakaian yang diinginkan. Berapa harga yang harus ditebus untuk membawa pulang batik unik ini? Failasuf mematok harga Rp 2 juta hingga Rp 5 juta tiap kainnya.

Source Lahirkan Batik Burung Garuda Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.