infobatik.id

Keunikan Batik Madura Motif Burung

0 10

Keunikan Batik Madura Motif Burung

Batik Madura merupakan salah satu bentuk karya seni budaya yang diminati oleh masyarakat lokal hingga internasional. Batik ini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan batik lainnya. Saat melihat Batik Madura, akan menemukan corak dan pemilihan warna berani. Ada banyak corak khas daerah ini, salah satunya corak burung. Corak burung adalah salah satu motif paling banyak diminati karena punya keunggulannya seperti:

  • Karakter burung dalam selembar kain sutra atau katun hasil torehan para pengrajin selalu terlihat hidup. Jadi gambar tersebut bukan sekadar pajangan, melainkan sebuah hasil imajinasi yang dihidupkan pembatiknya.
  • Tidak ada kembarannya. Pengrajin melukis motif secara autentik sehingga hasilnya tidak sama antara satu motif dengan motif lainnya. Sekalipun kamu akan menemukan model yang mirip, coraknya tidak benar-benar sama. Karena setiap corak punya keunikan tersendiri.
  • Coraknya tidak monoton. Perpaduan warna serta motifnya berani sehingga terlihat anti mainstream. Jadi tidak membosankan saat dipakai untuk baju atau dekorasi ruangan.
  • Memakai corak burung akan memberi kesan anggun, hangat dan bersahaja pada pemakainya. Sikap ini sesuai dengan karakter orang Madura yang hidup bersahaja dan hangat secara komunal.

Batik yang berasal dari Madura asli akan bertahan sangat lama. Jenis kain ini semakin sering dicuci malah membuat warnanya semakin cemerlang. Berbeda dengan kain lain yang warnnaya pudar karena proses pencucian. Terlebih jika memilih kain yang memakai pewarna asli, selain awet juga ramah lingkungan.

Source Keunikan Batik Madura Motif Burung Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.