infobatik.id

Industri Batik Di Majalengka

0 4

Industri Batik Di Majalengka

Keindahan motif batik ini mengambil sumber dari berbagai macam pola dan juga bentuk unik dan khas dari masing masing budaya yang ada di daerah tersebut. Hingga saat ini daerah yang kita kenal sebagai kota industri batik masih belum terlalu banyak. Kota yang dikenal dengan batik nya adalah kota Jogja, Pekalongan dan juga kota Solo. Namun sebenarnya kota yang membuat batik di Indonesia sangat banyak, industri batik yang ada di berbagai kota tersebut belum terlalu berkembang dan juga besar seperti tiga kota di atas.

Salah satu kota yang juga memiliki batik sendiri adalah sebuah kota yang lokasi berada di daerah timur Jawa barat. Kota ini  bernama Majalengka dan walau belum terkenal kota ini memiliki motif batik yang unik dan juga memperlihatkan ciri khas dari kota tersebut. Industri batik di Kota Majalengka merupakan sebuah kesenian yang perkembangannya dipelopori oleh bapak Hery Soeharsono.

Dalam membuat dan juga menciptakan motif batik khas yang dibuat, beliau tidak lupa akan memberikan sentuhan motif batik yang memiliki unsur khas dari kota Majalengka. Jika kita kelompok kan secara umum maka ragam motif batik yang ada di daerah Majalengka ini dapat kita kelompok kan dalam 5 motif batik utama yaitu Motif Batik Kota Angin, Motif Batik Lauk Ngibing, Motif Batik Gedong Angin, Motif Batik Nyi Rambut Kasih dan Motif Batik Simbar Kencana. Beragam kelompok batik tersebut merupakan motif khas yang ada di kota ini.

Source Industri Batik Di Majalengka Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.