infobatik.id

Cerita Batik Banten

0 7

Cerita Batik Banten

Kota Banten pada zaman dahulu merupakan sebuah kerajaan Islam yang berlokasi di daerah muara sungai Cibanten. Pada masa itu daerah ini memiliki sebuah pelabuhan yang sangat terkenal dan juga sibut di wilayah selat Sunda. Pelabuhan yang besar dan sibuk tersebut menjadi pintu bagi para pendatang yang berasal dari berbagai daerah dan juga berbagai bangsa untuk masuk ke wilayah Banten. Pada umumnya pada waktu itu para pendatang tersebut melakukan perdagangan rempah rempah.

Wilayah Banten yang terletak dekat dengan pelabuhan tersebut menjadikan daerah tersebut sangat terbuka terhadap berbagai macam kebudayaan asing dan juga kebudayaan dari daerah lain. Masuknya berbagai macam kebudayaan dan juga pendatang asing yang masuk ke wilayah ini telah membuat wilayah ini sangat maju dalam berbagai macam hal. Salah satu hal yang sangat mendapatkan pengaruh dari ragam budaya masyarakat berbagai wilayah adalah kesenian membuat batik yang ada di wilayah ini yang membuat suatu motif unik yang dapat ditemui dalam baju batik Banten. Batik Banten adalah salah satu hasil kesenian masyarakat Banten yang telah cukup terkenal sejak masa kerajaan Banten berkuasa.

Motif Batik Banten menjadi salah satu warisan budaya bagi masyarakat Indonesia yang menambah ragam bentuk dan juga motif batik nusantara. Motif Batik Sabakingking merupakan salah satu motif batik yang berasal dari daerah Banten. Motif batik ini memiliki bentuk motif dasar berbentuk segi empat dengan bagian sisi yang berbentuk seperti bulu. Motif ini pada umumnya diberi variasi 3 macam warna. Warna dasar dari motif batik ini diberi warna coklat kemudian pada bagian motif daun diberi warna biru dengan warna dasar kain krem. Motif batik ini mendapatkan namanya dari nama gelar Panembahan Sultan Maulana Hasanuddin yang merupakan raja pertama dari Kerajaan Banten yang berkuasa pada tahun 1552 sampai 1570.

Source https://batikbiboll.weebly.com/ https://batikbiboll.weebly.com/blog/cerita-batik-banten

Leave A Reply

Your email address will not be published.