Batik Tulis Custom Sanggar Sukma Depok

0 10

Batik Tulis Custom Sanggar Sukma Depok

Berawal dari kebersamaan untuk belajar membatik yang di fasilitasi oleh dinas, sekumpulan anak muda kemudian membentuk sanggar batik untuk tetap berkreasi sekaligus melestarikan budaya membatik. Dengan mengusung nama Batik Sukma untuk sanggar dan batik karya mereka, Sanggar Batik Sukma mulai berdiri bulan Maret 2016. Nama Sukma sendiri diambil dari tempat tinggal mereka, di Kecamatan Sukmajaya, Depok. Namun karena masalah pemasaran yang tidak mudah, anggota sanggar yang tadinya berjumlah 20 orang, kemudian berkurang menjadi 10 orang, dan akhirnya saat ini tersisa 7 orang dengan semangat membatik yang tinggi.

Walau sudah memiliki motif andalan khas Depok, Batik Topeng Cisalak,  namun selain itu sanggar Sukma juga menerima Batik Tulis Motif Custom satuan yang akan dibuat sesuai keinginan. Harga Batik Sukma berkisar antara Rp 300.000,- hingga Rp 400.000,- perlembar dengan ukuran 170 cm sampai 200 cm.

Harga yang cukup tinggi memang agak menyulikan pemasaran, apalagi selama ini yang menjadi target pemasaran masih sekitar kalangan PNS Depok. Pemahaman yang masih minim seputar bisnis juga menjadi kendala, namun semangat untuk mengembangkan batik khas Depok menjadi pegangan untuk bertahan membatik. Ciri khas Depok yang diangkat oleh Batik Sukma adalah Topeng Cisalak, kesenian tari asli Depok yang saat ini nyaris punah karena tidak banyak yang berminat mempelajarinya.

Dengan pewarnaan sintetik, karya Batik Tulis Sukma bisa lebih beraneka warna sehingga memudahkan dalam mewujudkan kreasi kreasi batik dengan motif yang sangat bervariasi. Pengerjaaannya sendiri membutuhkan waktu hingga 7 hari. Design motif 1 hari, menjiplak motif ke kain 1 hari mencanting 3 hari, mencelup 1 hari, menutup 1 hari, lalu mencelup lagi 1 hari, kemudian terakhir merebus dan menggantung/menjemur kain batik. Semua langkah dilakukan dengan hati-hati  untuk menjaga hasil yang berkualitas.

Keberadaan sanggar Batik Tulis Sukma sebenarnya bisa menjadi kemudahan pelaku usaha garmen dan rumah mode di Depok dan sekitarnya untuk mendapatkan kain batik dengan kualitas Batik Tulis dengan custom motif sesuai kebutuhan usaha masing masing. Keindahan Motif Batik sebagai khas Indonesia akan memilki nilai tersendiri jika merupakan batik tulis. Dengan kemudahan memesan kain batik tulis custom ke Sanggar Sukma, siapapun bisa menghasilkan karya fashion dengan batik yang unik tanpa harus bersusah payah membatik sendiri.

Source Batik Tulis Custom Sanggar Sukma Depok Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.