Batik Tradisional Putra Putri Keraton

0 14

Batik Tradisional Putra Putri Keraton

Putra Putri Keraton pada zaman dulu memiliki keterampilan yang tidak dimiliki oleh sembarang orang yaitu keterampilan membuat batik. Kesenian membuat batik pada zaman dulu hanya dikerjakan oleh para Putra Putri Keraton saja karena pembuatan batik adalah sebuah kegiatan yang memiliki nilai rohani yang membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, selain itu juga dibutuhkan kesabaran dan juga kebersihan jiwa. Hal ini dapat diperoleh oleh para Putra Putri Keraton berdasarkan permohonan doa dan juga petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa.

Beberapa hal yang membuat Batik Tradisional pada zaman dulu selain memiliki bentuk dan juga corak yang indah pada kainnya juga mengandung berbagai macam lambang dan juga makna yang mendalam yang memiliki kaitan yang serat dengan kain baju batik tersebut. Pada setiap lembar kain batik mempunyai latar belakang kenapa batik tersebut di buat dan juga memiliki kegunaan tertentu seperti fungsi setiap motif dalam beberapa acara adat masyarakat Jawa pada waktu itu. Batik Keraton adalah batik yang memiliki motif batik tradisional dan telah ada dan juga berkembang dengan baik selama masa kerajaan berkuasa di Pulau Jawa.

Motif Tradisional yang dibuat oleh lingkungan keraton ini memiliki ragam hias yang sangat mengagumkan dan juga memiliki warna yang sangat indah dan memperlihatkan keagungan dan juga kepribadian yang agung yang berasal dari tempat motif batik tersebut berasal. Pada mulanya Batik Keraton ini proses pembuatan batik mulai dari tahap awal hingga tahap akhir secara keseluruhan dibuat di dalam lingkungan keraton dan hanya dibuat untuk keluarga raja.

Tetapi kebutuhan akan kain batik yang cukup tinggi di dalam lingkungan keraton membuat para Putra Putri Keraton tidak dapat lagi memenuhi tingginya permintaan akan batik. Masalah kebutuhan akan batik ini pada akhirnya diselesaikan dengan cara melakukan pembuatan batik di luar area keraton yang dilakukan oleh para kerabat dan juga para abdi dalem raja yang memiliki tempat tinggal di luar wilayah keraton.

Source Batik Tradisional Putra Putri Keraton Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.