Motif Batik Sekar Grobogan

0 21

Batik Sekar Grobogan

Seni batik di Kota Grobogan dibuat oleh beberapa sanggar batik yang diantaranya adalah Batik Tulis Arumsari dan juga Batik Tulis Sekar. Sanggar batik yang bernama Sekar ini merupakan sebuah sanggar yang berada di desa Putat. Pembuatan batik ini merupakan salah satu industri batik yang pertama kali muncul di Desa Putat. Batik ini mulai ada pada bulan Oktober 2010. Batik Tulis Sekar ini muncul sebab pada waktu itu ada program dari DISPERINDAG yang memberikan pelatihan pembuatan batik pada masyarakat daerah Putat ini. Program ini kemudian juga memberikan dana sebesar sebelas juta kepada penduduk untuk dapat membuat seni batik ini menjadi sebuah seni yang berkembang di wilayah ini.

Walaupun mendapatkan dukungan yang cukup dari pemerintah, perjalanan industri Batik Sekar ini jauh dari harapan dan pada waktu itu dapat disebut sebagai suatu hal yang gagal. Segala kesulitan yang dihadapi oleh seniman Batik Sekar tidak membuat mereka menyerah dan terus bekerja keras dengan gigih. Hasil dari kerja keras mereka saat ini membuat Batik Sekar telah dikenal tidak saja di daerah Grobogan saja bahkan telah mencapai tingkat nasional dan juga telah ada di Amerika. Keberadaan batik di Amerika ini tidak lepas dari peran salah seorang guru SMA negeri 1 di Purwodadi yang membawa batik ini ke luar negeri.

Batik Tulis Sekar saat ini juga dipakai sebagai seragam oleh para pegawai negeri yang dipakai mereka pada setiap hari kamis dan juga hari sabtu. Batik yang dibuat oleh seniman Batik Sekar masih dijual dengan harga yang cukup dapat dibeli dan dijual kisaran harga seratus ribuan. Seperti batik yang berasal dari daerah lain, harga batik semakin sulit motif tersebut maka akan semakin mahal harga jualnya. Motif batik yang dibuat oleh seniman batik Sekar ini diantaranya adalah Motif Batik Jagung, Motif Batik Padi dan juga Motif Batik Mrapen Abadi serta motif batik lainnya yang terkenal dari daerah ini.

Source Batik Sekar Grobogan Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.