Batik Palembang Akan Dipatenkan

0 8

Batik Palembang Akan Dipatenkan

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palembang berencana mematenkan Motif Batik Palembang yang saat ini mulai dikenal oleh pangsa pasar lokal sampai mancanegara. “Saat ini, bukan hanya songket Palembang seperti tenun songket, dan jumputan yang memikat wisatawan yang datang di Kota Palembang. Akan tetapi, Batik Songket juga sudah mulai jadi lirikan wisatawan lokal dan mancanegara,” kata Kepala Bidang (Kabid) Industri Disperindag Kota Palembang Hafizal.

Sampai saat ini, memang belum ada usulan untuk mematenkan motif batik palembang. Namun, melihat perkembangan Batik Palembang saat ini cukup baik dan mampu memikat pasar secara nasional dan mancanegara pihaknya segera mematenkannya. “Selain untuk menjaganya dari klaim oleh pihak lain. Dengan dipatenkannya batik Palembang, akan menambah nilai dari batik Palembang tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Sarana Usaha Industri Disperindag Kota Palembang, Limayawati menjelaskan, mengenai wacana akan adanya pematenan Batik Palembang oleh pihak pengrajin di Palembang, pihaknya akan memfasilitasi jika ada Industri Kecil Menengah (IKM) yang bisa menciptakan Motif Batik Palembang dan dapat segera didaftarkan produknya, apakah itu dalam bentuk hak paten, hak cipta atau mereknya.

Walaupun 71 motif songket Palembang yang pernah didaftarkan ke kementerian di Pusat ditolak, pihaknya akan memasukannya dalam buku yang menjadi seluruh khas Palembang. Dan melalui buku tersebutlah, kita akan daftarkan lagi ke pihak berkompeten untuk dapat diberikan hak ciptanya. Dengan buku tersebut maka jika ada pihak lain yang mencoba meniru motif songket palembang sudah dipastikan tidak bisa karena sudah ada hak cipta buku terkait budaya Palembang tersebut.

Source Batik Palembang Akan Dipatenkan Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.