Batik Melayu Kerang dan Gonggong Bersiku Keluan

0 10

Batik Melayu Kerang dan Gonggong Bersiku Keluan

Saat melakukan desain untuk Motif Batik, memang perlu inspirasi yang bisa datang dari mana saja. Kali ini masih tentang batik khas Melayu. Gonggong masih bisa menjadi inspirasinya. Kali ini tentang Motif batik bernama Kerang dan Gonggong  Bersiku Keluang. 

Desain motif ini terdiri dari Motif Gonggong yang disusun berbentuk bunga, dan juga motif kerang yang disusun sama. Sedangkan motif pinggirangnya, Motif Kerang-kerangan yang disusun berlilit ganggang. Ide desain dari motif ini adalah tentang kerang, gonggong dan ganggang, yang semuanya merupakan makhluk hidup di lautan, yang di susun serasi dan indah dan mengandung makna tertentu yang diharapkan dapat diingat dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Makna yang terkandung dari motif ini adalah, bahwa di dalam kehidupan sehari-hari disebuah daerah atau pemerintahan, walaupun warganya terdiri dari bermacam-macam golongan (dalam hal ini dilambangkan dengan kerang gonggong dan ganggang), asalkan segala sesuatunya selalu di rencanakan dan diatur sesuai kesepakatan bersama, pastilah akan membawa kemakmuran dan kedamaian.

Susunan kerang dan gonggong yang berbentuk bunga juga melambangkan keindahan kegembiraan, yang bisa dilakukan bersama-sama. Sedangkan susunannya yang bersiku-siku, yang menurut corak melayu disebut “siku keluang“ yang artinya kurang lebih seperti sudut-sudut sayap kelelawar, melambangkan nilai Tanggung Jawab yang harus selalu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Source Batik Melayu Kerang dan Gonggong Bersiku Keluan Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.