Batik Lumajang Motif Liris Sekar Ontong

0 15

Batik Lumajang Motif Liris Sekar Ontong

Para seniman batik di Kota Lumajang dalam pembuatan batiknya terinspirasi dari kekayaan alam di Lumajang, terutama buah pisang yang menjadi ikon  Kota Lumajang. Namun rasanya kurang terlihat artistik jika desain batik digambar sesuai dengan bentuk aslinya. Salah satu motif batik yang dibuat oleh pengrajin asal Tempeh bernama Yongky atau yang akrab dipanggil mas Bedjo dengan karyanya yang bernama Liris Sekar Ontong.

Motif Liris Sekar Ontong yang berarti bunga pisang atau yang lebih dikenal dengan jantung pisang bermakna harapan. Jantung pisang merupakan bakal buah pisang. Ontong gedang dalam bahasa jawa merupakan harapan bagi masyarakat lumajang yang akan mendatangkan berkah ketika sudah menjadi buah nantinya. Kata ontong sendiri jika dibaca ontong (untung red) merupakan keberuntungan. Dalam satu ontong atau jantung pisang terdapat banyak bunga yang setiap bunganya menghasilkan satu buah pisang, dengan kata lain satu tangan menghasilkan 77-250 buah yang dibagi dalam 6-14 sisir pisang.

Filosofi dari Motif Batik ini adalah setiap manusia pasti punya harapan, tujuan dan cita-cita. Ketika seseorang berusaha mencapai tujuan pasti akan berusaha dengan keras.  Pisang dikenal sebagai tumbuhan yang tidak akan mati sebelum memberikan manfaat. Sebelum menghasilkan buah, meskipun batangnya ditebang batang tersebut akan kembali tumbuh. Berbeda dengan tanaman lain, seperti pohon jati mahoni dll, dari luar tampaknya gagah, kokoh dan kuat. Namun tanaman tersebut tak sekokoh pohon pisang.  Ditebang sekali pasti sudah roboh dan mati. Pisang meskipun terlihat lemah dan mudah dirobohkan, tapi pisang dengan gigihnya akan kembali tumbuh meskipun telah ditebang.  Sebelum ontong berubah menjadi buah, pisang tidak akan mati.

Source Batik Lumajang Motif Liris Sekar Ontong Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.