Batik Lampung Menonjolkan Ikon Daerah

0 8

Batik Lampung Menonjolkan Ikon Daerah

Motif Batik di Lampung biasanya mengambil ikon – ikon masing-masing wilayah dengan tujuan memopulerkan budaya lewat batik. Pemilik Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LKP) Siger Mau Lemah Batik, Laila Al Husna, mengatakan batik motif Lampung sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Dari sejarahnya motif Lampung diambil dari salah satu kain tenun inuh yang merupakan tenun khas Kabupaten Lampung Selatan.

Tenun yang bermotif ornamen Lampung tersebut kemudian diadopsi dan diaplikasikan pada kain batik hingga sekarang. “Inuh itu kan tenun asal Kabupaten Lampung Selatan, jadi motifnya sebagian diadopsi untuk batik,” kata Una, sapaan akrabnya. Adopsi tenun inuh bukan hanya pada motif, melainkan juga warna-warna di dalamnya. Hingga akhirnya batik Motif Lampung terus berkembang hingga saat ini. Bahkan, masing-masing kabupaten saat ini memiliki batik dengan coraknya masing-masing, mulai dari bunga atau buah kopi, lada, cengkih, dan lumba-lumba. “Tenun inuh itu kan motifnya banyak. Ada siger, binatang, gajah, kapal, burung, dan sebagainya, bergantung kreativitasnya. Motif Lampung mengambil dari apa-apa yang ada di Lampung dan tidak semua mengambil di tenun inuh,” kata dia.

Motif Batik Lampung yang berkembang sekarang ini merupakan Motif Lampung modifikasi untuk menambah keanekaragaman sehingga konsumen memiliki banyak pilihan. Agar lebih mengenalkan Batik Motif Lampung ini perlu kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait, seperti desainer, pengelola event busana, serta peran pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Semoga ke depan batik Lampung seperti halnya tapis bisa dikenal tidak hanya di daerah sendiri, tetapi juga di dunia sebagai bagian dari kekayaan batik Nusantara.

Source Batik Lampung Menonjolkan Ikon Daerah Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.