Batik Karah Surabaya

0 6

Batik Karah Surabaya Mahal karena Setiap Kain Beda Motif Cerita

Batik Karah Surabaya, berbeda dengan batik-batik lainnya, terutama dari motifnya. Karena setiap motif pada batik karah mempunyai filosofi tersendiri, dan bercerita. Demikian yang di sampaikan Arif salah satu pegawai di Batik “Bayusumilir” di Jl Ketintang Madya III. Batik karah ini motifnya mempunyai filosofi dan ceritanya masing-masing, itu yang membedakan dengan batik-batik lainnya. Misalnya, batik cerita lebaran, batik dunia laut dan lainnya.

Batik Karah ini panjangnya 2 meter dan dijual dengan harga kisaran Rp 1 juta, tergantung dari motif, semakin bagus dan sulit motif batik yang dibuat maka semakin mahal harga kainnya. Untuk proses pewarnaan pada Batik karah tidak memiliki ciri yang khusus. Pemasaran batik karah melalui pameran dan galeri-galeri yang ada di Bandara Juanda, Cito dan di Merr.

Pembuatan Batik Karah menggunakan batik tulis, karena kalau menggunakan cap motifnya hanya itu-itu saja dan orang mudah merasa bosan. Kalau menggunakan batik tulis setiap batik karah mempunyai motif yang berbeda-beda. Limbah dari pembuatan batik karah di kumpulkan jadi satu dan di netralkan, setelah di netralkan di jadikan tawas.

Bahkan, inovasi dalam membatik pun ditemukan mereka. Pertama, pembatik menggunakan penerangan lampu di bawah media, sehingga bisa terang saat membatik tapi tidak silau, dan mereka menemukan canting elektrik, sehingga tidak perlu berkali-kali mengambil lilin yang diencerkan.

Source Batik Karah Surabaya Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.