Batik Jambi yang Khas Berwarna Merah Hitam Klasik

0 10

Unik dan Cantiknya Batik Jambi yang Khas Berwarna Merah Hitam Klasik

Kain tradisional bercorak khas ala Jambi banyak didominasi dengan warna merah hitam klasik. Batik khas Jambi memiliki keunikan dari segi warna maupun coraknya. Warna khas Batik Jambi adalah merah hitam klasik dan biru klasik. Selain warnanya yang membuat Batik Jambi berbeda dengan batik Jawa adalah motifnya. Menurut Dhita Chairunnisa, pemilik Rumah Batik Azmiah Jambi, Motif Klasik Batik Jambi adalah flora atau tumbuhan.

Motif klasiknya flora tanpa mengandung unsur hewan bernyawa. Tapi sekarang motifnya berkembang dan sudah kontemporer namun tidak menghilangkan kesan klasiknya jadi ada motif seperti burung, ayam, angsa meskipun dibuat tidak terlalu mirip aslinya. Motif Batik Jambi klasik dibuat dengan motif ceplok atau berulang. Sama halnya seperti batik Jawa, untuk mengaplikasi batik Jambi juga bisa dengan teknik tulis atau cap.

Demikian juga dengan teknik pewarnaan, batik bisa diberi pewarna alami maupun kimia. Bahan pewarna alami berasal dari kayu, daun dan bahan lain. Sisi klasik batik Jambi ini yang membuat kain terlihat cantik dan eksotis.

Teknik yang digunakan sama dengan Batik Jawa, bisa tulis, cap atau kombinasi keduanya. Pewarnanya juga bisa alami bisa kimia. Tapi kalau batik tulis dengan pewarna alami prosesnya cukup lama sekitar 3 bulan. Kesulitannya untuk mendapatkan warna karena butuh 6 sampai 8 kali pewarnaan. Varian kain batik Jambi yang banyak dijual cukup beragam mulai dari bentuk kain, sarung, selendang ataupun baju siap pakai. Harga yang dibanderol juga beragam mulai dari Rp. 900 ribu hingga Rp. 15 juta perlembar kain tergantung motif, teknik pembuatan hingga bahan kain yang digunakan. Bahan biasa itu pakainya kain katun, tapi yang bagus sampai jutaan itu biasanya kombinasi tenun dan batik.

Source Batik Jambi yang Khas Berwarna Merah Hitam Klasik Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.