infobatik.id

Batik Gumelem Klasik Motif Pring Sedapur

0 21

Batik Gumelem Klasik Motif Pring Sedapur

Batik Motif Pring Sedapur merupakan salah satu Batik Klasik Gumelem yang dibuat oleh Industri Tunjung Biru. Pring Sedapur merupakan motif yang menggambarkan kehidupan dari masyarakat Gumelem. Kata Pring Sedapur memiliki masing-masing arti yaitu pada kata Pring berarti bambu, dan Sedapur yang berarti sekumpulan atau satu kelompok. Motif ini menceritakan sebuah kehidupan sekumpulan dari masyarakat Gumelem yang membuat rumah mereka disekitar pohon bambu, karena memang bambu merupakan salah satu pohon yang banyak tumbuh di Desa Gumelem, sampai sekarang pun masih ada beberapa warga yang masih memiliki rumah disekitar pohon bambu. Pada Motif Pring Sedapur, pohon bambu digambarkan dengan bentuk garis lengkung agar berkesan lembut dan lentur, tetapi tidak disusun secara beraturan dan tidak memiliki kesamaan dengan bentuk pohon bambu yang asli. Hal ini diibaratkan batang bambu ini adalah rumah dari warga yang hidup berdampingan dengan tetangganya.

Pada setiap rumah mempunyai perbedaan yang sudah menjadi aturan tersendiri dan tidak mungkin ada persamaan antara satu dengan lainnya. Selain batang pohon bambu, ada juga ornamen burung yang menyerupai tipe burung phoenik karena digambarkan dengan bentuk bulu yang panjang dan bergelombang pada sayap dan ekornya, serta memiliki jambul pada bagian kepalanya dengan bentuk yang bergelombang juga. Ada juga dedaunan yang mengisi Motif Pring Sedapur ini. Ornamen daun bambu pada motif ini juga tidak digambarkan seperti aslinya, tetapi digambarkan lebih luwes dengan ranting yang membentuk ukel disertai daun-daun yang dibuat dengan bentuk yang sama seperti rantingnya, yaitu terbentuk dari garis lengkung.

Warna yang digunakan pada motif ini adalah putih, hijau, dan hitam yang digunakan sebagai latar kain batik. Putih sebagai simbol yang positif diberikan pada pohon bambu, agar penghuni dari rumah-rumah ini selalu dipenuhi dengan kebaikan. Warna hijau melambangkan pertumbuhan dan kehidupan, seperti yang telah digambarkan melalui Motif Pring Sedapur ini tentang sekelompok orang yang memiliki tempat tinggal disekitar pohon bambu, warna ini juga memberikan suasana sejuk yang ditimbulkan dari dedaunan pohon bambu. Warna hitam melambangkan kekuatan, yang menyertai dibuatnya motif ini dalam ornamen pohon bambu.

Motif ini dapat terlihat komponen yang tersusun menjadi satu kesatuan pada Motif Pring Sedapur ini menggunakan bentuk garis lengkung sebagai dasar pembuatan ornamennya. Isen-isen yang digunakan masih sama dengan motif sebelumnya yaitu berupa cecek yang merupakan titik-titik dan sawut yaitu bunga berjalur yang mengisi ornamen burung.

Source Batik Gumelem Klasik Motif Pring Sedapur Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.